El Derbi Madrileno, Laga Sarat Misi

  • Prediksi
  • 0
  • 27 Apr 2013 19:30
Real Madrid kembali menunjukkan performa kurang baik di ajang Liga Champions. Setelah kalah dari Galatasaray, Los Blanos tak berdaya saat bertandang ke markas Borussia Dortmund di leg pertama semifinal Liga Champions, dua hari lalu. Madrid seperti kehilangan taringnya ketika dilindas Dortmund dengan skor cukup telak 1-4.

Lupakan dulu mimpi buruk di Signal Iduna Park, kini Madrid harus mengerahkan perhatiannya ke laga domestik yang tak kalah gengsinya. Akhir pekan ini Madrid akan menyambangi Stadion Vicente Calderon, markas Atletico Madrid. Duel antara tim satu kota ini, atau "El Derbi Madrileno", bukan hanya sarat dengan sejarah, tapi kali ini bakal menentukan nasib kedua tim di akhir kompetisi.

Saat ini Atletico masih berada diurutan tiga klasemen sementara dengan 68 poin. Sedangkan saingannya Madrid menempati posisi dua dengan 71 poin. Kedua tim ini akan merebut posisi kedua karena mereka sudah tak memiliki lagi kesempatan meraih posisi puncak yang ditempati Barcelona. Laga ini juga sekaligus menjadi pertandingan pemanasan jelang final Copa del Rey, Mei mendatang.

Jika menyimak sejarah pertemuan antara kedua tim, Atletico saat ini masih tersandera rekor buruk atas saudara sekotanya itu. Sejak musim 1998/1999 Atletico tak pernah mengalahkan Madrid di semua ajang, dengan total telah 24 pertandingan terlewati (22 La Liga dan dua Copa del Rey). Kemenangan terakhir yang didapat terjadi pada 30 Oktober 1999 saat mereka mengungguli Madrid dengan skor 3-1.

Bagi tim asuhan Diego Simeone, sepertinya laga pekan ini adalah kesempatan untuk menghapus catatan buruk tersebut. Ini terkait dengan kondisi Madrid setelah babak belur dihajar Dortmund di Liga Champions. "Kami harus mengambil keuntungan dan peluang-peluang yang ada," kata Simeone.

Atletico tak terkalahkan dari lima laga terakhirnya di La Liga dengan tiga kemenangan dan dua imbang, dan empat clean sheet. Performa kandang Atletico di La Liga sejauh ini adalah 14 kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah.

Sejauh ini, Atletico adalah tim dengan pertahanan terbaik di La Liga. Mereka baru kebobolan 25 gol dari 32 laga. Di kandang sendiri, Atletico baru kebobolan delapan gol. Dari total 57 gol Atletico di La Liga, 40 di antaranya dicetak di kandang sendiri. Striker Radamel Falcao adalah topskor klub dengan 25 gol, dimana 18 di antaranya dicetak di kandang sendiri.

Sementara, Madrid memang punya catatan impresif dari Atletico. Dari sembilan pertemuan terakhir kedua tim di semua kompetisi, Madrid selalu mampu mengalahkan Atletico. Terakhir kali kedua tim bertanding musim lalu, Madrid menang telak 4-1 atas Atletico.

Madrid tak terkalahkan dari 10 laga terakhirnya di La Liga. Los Blancos meraih sembilan kemenangan dan sekali imbang, dan tidak pernah gagal mencetak gol. Namun, Madrid hanya mencatat dua clean sheet pada 10 laga terakhirnya.

Namun, kabar kurang mengenakkan menerpa tim asuhan Jose Mourinho. Menurut asisten pelatih Madrid, Aitor Karanka, kemungkinan besar dalam laga derby itu, Madrid kemungkinan tidak akan diperkuat bintangnya, Cristiano Ronaldo. Karanka menjelaskan, Ronaldo mengalami cedera di partai sebelumnya.

Meski begitu, Madrid tentu tidak akan menyerah begitu saja. Tiga poin di kandang Atletico juga sangat dibutuhkan Diego Lopez dan kawan-kawan. Namun, jika menyimak penampilan terakhir Madrid, Atletico sepertinya yang akan keluar sebagai pemenang dalam laga ini.  


Head to Head:

2 Des 2012   : Real Madrid 2-0 Atletico Madrid (La Liga)
12 Apr 2012  : Atletico Madrid 1-4 Real Madrid (La Liga)
27 Nov 2011  : Real Madrid 4-1 Atletico Madrid (La Liga)
20 Mar 2011  : Atletico Madrid 1-2 Real Madrid (La Liga)
21 Jan 2011  : Atletico Madrid 0-1 Real Madrid (Copa del Rey)

Lima pertandingan terakhir

Atletico Madrid:

22 Apr 2013 : Sevilla 0-1 Atletico Madrid (La Liga)
14 Apr 2013 : Atletico Madrid 5-0 Granada (La Liga)
8 Apr 2013  : Getafe 0-0 Atletico Madrid (La Liga)
1 Apr 2013  : Atletico Madrid 1-1 Valencia (La Liga)
18 Mar 2013 : Osasuna 0-2 Atletico Madrid (La Liga)

Real Madrid:

25 Apr 2013 : Dortmund 4-1 Real Madrid (Liga Champions)
20 Apr 2013 : Real Madrid 3-1 Real Betis (La Liga)
15 Apr 2013 : Athletic Bilbao 0-3 Real Madrid (La Liga)
10 Apr 2013 : Galatasaray 2-3 Real Madrid (Liga Champions)
6 Apr 2013  : Real Madrid 5-1 Levante (La Liga)

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler