Sukses

Ajang Pembuktian Para Pemain Kelas Dua

Menjamu SC Freiburg di Allianz Arena, Sabtu (27/4/13) siang waktu setempat menjadi ajang yang pas bagi para pemain pinggiran Bayern Muenchen untuk menunjukkan kemampuannya.

Bertempat di Allianz Arena, Sabty (27/4/13) siang waktu setempat, Bayern Muenchen akan menjamu SC Freiburg. Partai yang sama sekali tidak akan menentukan bagi tuan rumah yang di pekan lalu telah memastikan diri menggondol gelar juara Bundesliga. Meski demikian, anak-anak asuhan Jupp Heynckes tetap akan menyikapi laga ini dengan serius.

Pasalnya mereka ingin meraih poin penuh guna memecahkan koleksi poin tertinggi yang dimiliki oleh Borussia Dortmund saat menjadi juara musim lalu dengan 81 poin. Walaupun saat ini, Muenchen sudah berhasil menyamai poin yang diraih Dortmund musim lalu. Artinya, jika mampu menyapu bersih empat partai tersisa, jumlah poin Muenchen bertambah menjadi 93 angka.

Selain soal rekor poin, Muenchen pun membidik rekor sebagai tim yang paling minim kebobolan, catatan yang dipegang skuad di musim 2007-2008 dengan hanya kebobolan 21 gol sepanjang musim. Sementara, di musim ini Muenchen baru kebobolan 13 kali. Lebih lanjut, Muenchen tak pernah menuai kekalahan sejak ditumbangkan Bayer Leverkusen, Oktober 2012. Dan, sejak 19 Desember 2012, Muenchen selalu memetik kemenangan.

Dalam laga nanti, Muenchen kemungkinan besar tanpa diperkuat penyerangnya Mario Mandzukic, gelandang serang Toni Kroos dan bek tengah Holger Badstuber, karena ketiganya masih mengalami cedera.

Walaupun kehilangan Mandzukic, Muenchen sepertinya akan mengandalkan Gomez ataupun penyerang asal Peru, Claudio Pizzaro di lini depan. Akan tetapi, Heynckes harus pintar-pintar mengatur skuatnya dalam laga nanti.

Pasalnya, Muenchen harus menghadapi semifinal leg kedua pada pertengahan pekan depan. Klub yang berjuluk The Bavarian harus bertandang kontra Barcelona di Nou Camp yang berpotensi menjadi laga yang cukup sengit, walaupun mereka sudah unggul aggreat 4 gol, tapi El Barca tidak boleh dianggap sebelah mata oleh juara Bundesliga musim ini.

Barcelona punya pengalaman ketika harus mengejar defisit gol. Salah satu contohnya, ketika Barcelona harus ketinggalan dua gol di babak perempat final atas AC Milan. Dengan bermodalkan mental yang cukup baik, Barcelona berhasil membalikkan kedudukan dengan menciptakan empat gol tanpa balas di leg kedua dan berhasil melangkah ke semifinal.

Di sisi lain, performa dari anak asuh dari Christian Streich telah mengejutkan banyak orang dengan menempatkan Freiburg dalam
pertarungan perebutan satu tempat di Liga Champions musim depan.

Meskipun banyak pemain bintang mereka yang akan meninggalkan Stadion Surya Mage di akhir musim ini, Freiburg mempunyai misi lain untuk mengamankan jatah berlaga di kompetisi Eropa musim depan.

Untuk meraih tiket ke kompetisi Eropa, Freiburg sepertinya masih bergantung pada top skorer sementara mereka, Max Kruse dengan torehan 10 gol dan pemain tengah Jonathan Schmid yang sudah membukukan delapan gol. Mereka sepertinya akan terus melanjutkan performa impresif mereka demi menjaga peluang Freiburg di lajur Eropa pada musim depan.

Walaupun penyerang Marco Terrazzino dan Sebastian Freis harus mengalami cedera tapi sepertinya tidak memunculkan masalah bagi Freiburg.

Karena, Freiburg harus menghadapi laga yang cukup sulit kontra Muenchen pada pertandingan. Dilihat dari materi skuat pun, pasukan Heynckes jauh lebih berkualitas dibanding tim yang dimiliki Streich.

Meskipun diyakini di laga ini Muenchen akan menurunkan komposisi lapis kedua agar para pemain utamanya dapat fit saat menghadapi semifinal leg kedua kontra Barcelona. Tapi sepertinya, Muenchen sanggup meraih kemenangan atas Freiburg dalam laga nanti.

Belum lagi, dari 28 pertemuan kedua tim hingga kini, Muenchen berhasil mendominasi kemenangan dengan 20 kali kemenangan sementara Freiburg hanya berhasil mengemas tiga kemenangan dan lima sisanya berakhir imbang bagi kedua tim.

Apalagi, jika bermain di kandang sendiri, Muenchen berhasil meraih kemenangan 11 kemenangan dan dua kali hasil imbang dari 13 kali pertemuan kedua tim, itu berarti Muenchen tak pernah kalah di hadapan puluhan ribu pendukungnya.

Jadi? Dengan kekuatan yang beda kelas, Muenchen diyakini bakal tampil sebagai pemenang. Berapa gol? Marjin dua gol merupakan hasil yang minim untuk kemenangan Muenchen dalam laga nanti. (Jef)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini