Menang, Harga Mati bagi PSV

on

PSV akan menghadapi FC Gronigen dalam lanjutan Liga Eredivisie pekan ke-32 di Philips Stadion pada Sabtu (27/4/13) malam waktu setempat. Hanya tersisa dua pertandingan lagi bagi PSV untuk mengejar selisih poin dari pemuncak klasemen sementara, Ajax Amsterdam.

Pasalnya selisih PSV dan Ajax saat ini adalah empat poin. Itu berarti jika gagal meraih poin penuh dalam laga nanti, maka boleh dikatakan juara musim ini sudah pasti dimiliki oleh Ajax.

Di laga lain, Ajax harus bertandang ke markas NAC Breda pada Minggu (28/4/13) dinihari WIB untuk mendulang tiga poin dan menjaga peluang mereka meraih gelar juara musim ini.

Dalam laga nanti, sudah pasti PSV tetap akan mengandalkan empat bomber tajam. Mereka adalah Georginio Wijnaldum yang sudah mencetak 14 gol, Dries Mertens 14 gol, Jeremain Lens 12 gol dan Tim Matavz 10 gol.

Total gol ketiga pemain adalah 37 dari 88 gol yang dikemas PSV sejauh musim ini. Sementara itu, hanya penyerang Luciano Narsingh yang dipastikan tidak akan tampil karena masih mengalami cedera.

Sementara, dari kubu Gronigen mereka mempunyai masalah sederet persoalan dari para pemain yang harus absen. Mulai dari Mitchell Schet, Henk Bos, Nick Bakker, Rasmus Lindgren, dan Virgil van Dijk karena masalah cedera dan akumulasi kartu.

Absennya, Van Dijk akan menjadi pukulan berat bagi lini belakang Gronigen pada pertandingan malam nanti. Pasalnya, dia merupakan salah satu pemain kunci di lini belakang.

Ini berarti jika dia absen maka lini pertahanan Gronigen akan mudah sekali ditembus oleh para bomber tajam yang dimiliki oleh PSV dalam laga nanti.

Walaupun, lini belakang sedikit keropos akan tetapi Gronigen masih dapat mengandalkan para pemain suburnya di lini depan. Mulai dari Michael de Leeuw 9 gol, Leandro Bacuna 5 gol, dan penyerang muda asal Uruguay dengan koleksi lima gol. Kombinasi ketiganya sudah menghasil 19 gol bagi Gronigen.

Posisi Groningen saat ini berada ditempat ke-8 dalam klasemen sementara dan sepertinya tidak mempunyai target lagi di dua lagi tersisa.

Pasalnya, untuk merebut posisi ke kompetisi Eropa musim depan sangatlah berat karena selisih poin yang cukup jauh dari peringkat keempat yakni Vitesse, posisi zona Eropa musim depan. Boleh dibilang target dari Gronigen di dua laga tersisa sudah tidak ada lagi.

Di sisi lain, PSV masih terus mengejar empat poin tersisa atas Ajax. Jika melihat semangat juang dan target dari kedua tim, PSV sebenarnya lebih mempunyai daya juang tinggi untuk meraih poin penuh dalam laga nanti dan terus menempel ketat Ajax.

Jika melihat dari pertemuan kedua tim yang sudah tercipta sebanyak 36 pertandingan, hasilnya PSV berhasil mendominasi kemenangan dengan 24 kemenangan sementara Groningen hanya berhasil mengemas lima kemenangan saja dan tujuh sisanya berakhir imbang.

Apalagi rekor fantastis yang dimiliki PSV ketika menjamu Groningen di kandangnya sendiri. Karena mereka berhasil meraih 14 kemenangan dan tiga hasil imbang dari 17 laga yang mempertemukan kedua tim di Philips Stadion. Itu berarti, Groningen tidak pernah meraih satupun kemenangan atas PSV di kandangnya sendiri.

Jadi, apabila melihat komposisi kedua tim, PSV layak diunggulkan minimal dengan marjin dua hingga tiga gol dalam pertandingan nanti.

Apalagi, jika melihat pertemuan pertama kedua yang dimenangi oleh PSV dengan skor 1-3 walaupun bermain di kandang Gronigen pada Agustus 2012 silam. (Jef)

Suka artikel ini?
jeffrey
jeffrey

  Full bio »

0 Comments