Sukses

Los Blancos Butuh Obat Penawar Luka

Setelah gagal meneruskan langkahnya di ajang Liga Champions, Madrid kembali fokus ke kompetisi domestik menghadapi Real Valladolid. Sejak Mei 2000, Valladolid belum pernah lagi meraih kemenangan di Santiago Bernabeu.

Kegagalan melangkah ke final Liga Champions, sudah pasti mengecewakan para pemain Real Madrid. Kalah agregat gol dari klub Bundesliga, Borussia Dortmund, membuat "Los Blancos", julukan lain Madrid, harus mengubur lagi ambisi meraih gelar Liga Champions ke sepuluh atau "La Decima".

Para pemain Madrid tentu tak boleh larut dalam kekecewaan. Mereka harus bangkit dan menyelesaikan kompetisi dengan hasil positif. Target tim asuhan Jose Mourinho kini adalah merebut juara Copa del Rey dan finish di urutan dua klasemen La Liga. Peluang Madrid mengejar rival abdinya Barcelona yang menempati posisi puncak klasemen, sepertinya sudah tak memungkinkan lagi.

Mourinho, yang dikabarkan akan pindah ke Chelsea musim depan, juga menegaskan bahwa timnya harus kembali fokus ke lima pertandingan sisa. "Masih ada lima pertandingan tersisa di liga dan satu final Piala (Copa del Rey) untuk dimainkan," kata Mourinho.

Tantangan pertama yang harus dihadapi Madrid adalah menjamu Real Valladolid, Ahad (5/4/13) dinihari WIB, di Santiago Bernabeu. Jika Madrid tak mau kehilangan lagi target, laga kontra Valladolid tentu harus dimenanginya. Selain itu, kemenangan ini akan terasa lain karena bermain di depan pendukungnya sendiri. Tiga poin yang diraih Madrid diharapkan bisa menjadi obat penawar luka setelah tersisih di ajang Liga Champions.  

Modal untuk meraih hasil positif sudah digenggam Madrid. Los Blancos selalu mampu mengalahkan Valladolid pada empat pertemuan terakhir kedua tim di La Liga. Madrid bahkan mampu membobol gawang Valladolid sebanyak 13 kali.

Pada pertemuan pertama kedua tim musim ini di Zorrilla, Madrid mampu bangkit dan mengalahkan Valladolid 3-2. Padahal, Valladolid sempat unggul dua kali melalui Manucho Goncalves.

Saat ini Madrid masih duduk di peringkat kedua klasemen sementara dengan 74 poin dari 33 pertandingan. Mereka unggul enam poin dari Atletico Madrid yang mereka kalahkan akhir pekan lalu. Sementara, Valladolid masih berada di posisi 12 klasemen dengan 40 poin dari 33 pertandingan, atau unggul 10 poin dari zona degradasi. Terakhir Valladolid bermain imbang 1-1 melawan Sevilla.

Performa tandang Valladolid musim ini memang sangat buruk. Tim asuhan Miroslav Djukic ini, hanya mampu meraih satu kemenangan dari sembilan laga tandang terakhirnya di La Liga, menelan empat kekalahan dan empat imbang.

Tapi, Madrid tetap harus waspada dalam laga dinihari nanti. Valladolid seringkali mengejutkan lawannya di menit-menit awal. Sebanyak 12 dari total 42 gol Valladolid di La Liga, tercipta di 15 menit awal pertandingan.

Besar kemungkinan Mourinho akan merotasi lagi pemainnya pada pertandingan tersebut. Cristiano Ronaldo, Mesut Ozil, dan Sergio Ramos, diperkirakan akan diistirahatkan dahulu setelah melewati kompetisi yang melelahkan. Meski bermain dengan materi pemain lapis kedua, Madrid diprediksi bisa mengatasi perlawanan Valladolid dengan skor 3-0.

Head to Head :

9 Des 2012  : Real Valladolid 2-3 Real Madrid (La Liga)
15 Mar 2010 : Real Valladolid 1-4 Real Madrid (La Liga)
18 Okt 2009 : Real Madrid 4-2 Real Valladolid (La Liga)
12 Apr 2009 : Real Madrid 2-0 Real Valladolid (La Liga)
16 Nov 2008 : Real Valladolid 1-0 Real Madrid (La Liga)

Lima pertandingan terakhir Real Madrid :

1 Mei 2013  : Real Madrid 2-0 Dortmund (Liga Champions)
28 Apr 2013 : Atletico Madrid 1-2 Real Madrid (La Liga)
25 Apr 2013 : Dortmund 4-1 Real Madrid (Liga Champions)
20 Apr 2013 : Real Madrid 3-1 Real Betis (La Liga)
15 Apr 2013 : Athletic Bilbao 0-3 Real Madrid (La Liga)

Lima pertandingan terakhir Real Valladolid :

29 Apr 2013 : Real Valladolid 1-1 Sevilla (La Liga)
20 Apr 2013 : Granada 1-1 Real Valladolid (La Liga)
13 Apr 2013 : Real Valladolid 2-1 Getafe (La Liga)
8 Apr 2013  : Valencia 2-1 Real Valladolid (La Liga)
31 Mar 2013 : Real Valladolid 1-3 Osasuna (La Liga)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.