5 Bintang Rekrutan Terbaik Ferguson

  • Liga Inggris
  • 0
  • 08 Mei 2013 18:55
Loyalitas Sir Alex Ferguson pada Manchester United memang tak ada bandingnya. Dia adalah manajer yang terlama menukangi sebuah kesebelasan tanpa berpindah-pindah sejak 1986. Pemain-pemain hebat pun silih berganti datang dan pergi dari Old Trafford. Namun Sir Alex tetap di situ sebagai manajer MU.

Selama 26 tahun lebih menukangi Setan Merah, begitu banyak gelar yang diraih. Antara lain 13 gelar Liga Premier, 5 Piala FA, 4 Piala Liga, dan 2 gelar Liga Champions. Tak berlebihan, jika kemudian Fergie dijuluki sebagai pelatih tersukses di Inggris dan daratan Eropa.

Kehebatan MU memang juga tak lepas dari andil para pemainnya. Sir Alex rupanya tak mudah tergoda mendatangkan bintang yang sedang jadi rebutan. Namun, banyak pemain yang dibeli ternyata punya peran menentukan. Fergie sangat jeli dalam mendatangkan pemain baru. Berikut lima transfer terbaik Ferguson:

1. Eric Cantona
Lima musim Cantona di Setan Merah tidak akan pernah terlupakan. Pemain Prancis yang digaet dengan biaya lebih dari satu juta pounds dari Leeds United ini telah memberikan penampilan mempesonanya dan sangat menghibur fans. Ia kemudian mendapat julukan The King dari suporter United.

Cantona turut membantu Red Devils merebut empat gelar Liga Premier dan dua Piala FA. Namun, striker ini sedikit bermasalah dengan temperamennya. Salah satunya yang mungkin sulit dilupakan adalah saat Cantona menghunjamkan tendangan kung fu ke arah fans Crystal Palace. Cantona pensiun pada 1997 di usia 30 tahun.

2. Peter Schmeichel
Secara luas dianggap sebagai kiper terhebat dalam sejarah Liga Premier. Upaya heroik panjaga gawang asal Denmark ini banyak sekali. Ia begitu cemerlang menjaga gawang Setan Merah dan menjadi kunci keberhasilan United sepanjang tahun 1990-an. Schmeichel turut menjadi bagian saat MU meraih treble winner di tahun 1999. Ia didatangkan dari Brondby, 1991.

3. Roy Keane
Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini didatangkan dari Nottingham Forest pada tahun 1993. Keane digaet dengan biaya 3,75 poundsterling yang merupakan rekor saat itu. Dalam 12 tahun kiprahnya, gelandang asal Irlandia itu menjadi motor lini tengah MU. Selama dibela Keane, United mendominasi sepakbola Inggris di era 1990-an dan tahun-tahun berikutnya.

4. Cristiano Ronaldo
Ferguson mendatangkan Ronaldo di usia remaja dengan biaya 12.24 juta euro dari Sporting Lisbon pada 2003. Ferguson tak salah membeli pemain asal Portugal ini. Lihat saja, Ronaldo kemudian menjelma menjadi pemain hebat. Ronaldo menunjukkan penampilan gemilang dan berkembang menjadi salah satu pemain dunia yang paling berbahaya.

Di musim 2007-08 pemain yang dijuluki CR7 itu mencetak 42 gol di semua kompetisi dan menjadi kunci The Red Devils memenangkan Liga Champions. Ronaldo kemudian hijrah ke Real Madrid dengan biaya transfer sangat besar, senilai 80 juta pounds yang merupakan harga termahal di dunia.

5. Robin van Persie
Van Persie baru didatangkan MU dari Arsenal musim panas lalu dengan bandrol 24 juta pounds. Van Persie langsung memberi dampak instan dengan gol-golnya di seluruh kompetisi. Aksi menawan Van Persie juga membuat Sir Alex membandingkannya dengan Cantona. RvP mempunyai andil besar terhadap keberhasilan MU meraih gelar liga musim ini. (Metro/Vin)

Credit: Vin

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler