5 Pemain Terburuk Hasil Rekrutan Ferguson

  • Liga Inggris
  • 0
  • 08 Mei 2013 19:45
Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson dikenal sebagai pelatih yang memiliki kejelian dalam masalah transfer. Pria asal Skotlandia ini mampu meraba potensi yang dimiliki oleh pemain yang menjadi incarannya, meski pemain itu masih belum tenar.

Contoh paling nyata adalah Cristiano Ronaldo. Pemain Portugal ini didatangkan ke Old Trafford di tahun 2003 dengan harga 12,24 juta pounds. Enam tahun berselang, Ferguson berhasil mendapatkan 80 juta poundsterling dari penjualan Ronaldo ke Real Madrid.

Meski begitu Ferguson tetaplah manusia biasa. Pria kelahiran tahun 1941 itu juga pernah melakukan perekrutan buruk dalam kegiatan transfer MU. Ada lima pemain yang masuk dalam daftar rekrutan terburuk Ferguson. Berikut ini lima pemain rekrutan terburuk MU:

1. Ralph Milne
Ralph Milne diboyong pada November 1988 dari Bristol City. Ketika itu, MU sedang dalam masa suram. Meski di musim sebelumnya mereka berhasil bercokol di peringkat kedua klasemen akhir, di musim tersebut mereka berada di papan tengah.

Awalnya, kehadiran pemain berkewarganegaraan Skotlandia ini seperti memberikan harapan yang baik. Namun pada akhirnya ia hanya bermain 23 kali dan mencetak tiga gol selama tiga musim bermain bagi United.

2. Eric Djemba-Djemba
Satu-satunya hal yang saya ingat dari pemain berkewarganegaraan Kamerun ini hanyalah golnya melawan Leeds United. Berawal dari tendangan pojok, ia menghantamkan bola ke tanah sehingga memantul dan masuk ke dalam gawang. Lainnya? Tidak ada lagi.

Pemain yang diboyong dari Nantes seharga 3,5 juta pounds ini tidak berhasil memenuhi ekspektasi Ferguson yang memproyeksikan dirinya sebagai pengganti Roy Keane. Ketenaran yang ia dapatkan di awal karier bersama United membuatnya gemar berfoya-foya hingga akhirnya dinyatakan bangkrut pada umur 26 tahun.

3. Juan Sebastian Veron
Siapa yang bisa menyangkal kualitas seorang Juan Sebastian Veron ketika bermain bagi Lazio? Saya rasa tidak ada. Namun siapa yang bisa menyangkal bahwa Veron adalah salah satu pembelian terburuk Ferguson. Diboyong dari Lazio seharga 28,1 juta pounds, Veron gagal menunjukkan kualitasnya di United.

Sebagai pemain yang ketika itu memecahkan rekor transfer, gelandang asal Argentina ini malah terlihat seperti overrated. Belum lagi hal tersebut diperparah oleh cedera yang ia alami sehingga membuat kariernya di Old Trafford hanya sekadar angin lalu.

4. Kleberson
Kegagalan United memboyong Ronaldinho dari Paris Saint-German tidak hanya membawa keberuntungan bagi Cristiano Ronaldo, melainkan juga bagi Kleberson. Pemain yang turut serta membawa Brasil menjuarai gelaran Piala Dunia 2002 ini diboyong dari Atletico Paranaense seharga 6,5 juta pounds.

Pada pertandingan keduanya bersama The Red Devils, ia langsung berkawan dengan cedera yang membuatnya hanya bermain 20 kali selama dua tahun berkostum merah United.

5. David Bellion
Awalnya Bellion mendapat julukan The Next Thierry Henry from Sunderland. Kalimat itulah yang membuat MU  kecele dan membeli pemain Prancis ini. Bellion ternyata tidak memiliki skill yang cukup untuk menjadi pemain utama di lini depan The Red Devils.

Selama tiga musim bermain di bawah panji-panji United, Bellion hanya menjadi benchwarmer. Bellion hanya bermain sebanyak 24 kali. Ketika bermain di lapangan, performanya pun biasa-biasa saja. (Metro/Vin)

Credit: Vin

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler