Sukses

PSV dan Alkmaar Berebut Satu Gelar Tersisa

Kedua tim akan berjibaku untuk mendapatkan gelar terakhir pada musim ini. Sejauh ini, Ajax menjadi tim terbanyak dalam mengumpulkan gelar juara dengan torehan 18 titel.

Dua tim AZ Alkmaar dan PSV Eindhoven akan berebut gelar juara KNVB Beker (Piala KNVB) musim ini pada Kamis (9/5/13) malam WIB di Stadion Feijenoord. Kedua tim akan berjibaku untuk mendapatkan gelar terakhir pada musim ini. Sejauh ini, Ajax menjadi tim teratas dalam mengumpulkan gelar juara dengan 18 titel.

Sementara, AZ hanya baru mengumpulkan tiga gelar juara saja, sedangkan PSV yang merupakan juara bertahan KNVB Beker musim ini sudah mengumpulkan 9 gelar juara.

Pada laga semifinal lalu, AZ berhasil menyingkirkan Ajax lewat dua gol dari Jozy Altidore dan satu gol Gudmudsson dengan skor akhir 3-0. Di sisi lain, PSV berhasil mengalahkan tim promosi musim dena, PEC Zwolle dengan skor sama dengan AZ yakni 3-0. Tiga gol PSV dicetak oleh Juergen Locadia.

Saat ini, PSV hanya menyisahkan peluang juara di ajang KNVB Beker ini. Pasalnya, di ajang Liga Eredivisie Ajax Amsterdam sudah memastikan gelar juara pada pekan lalu.

Menjelang laga final ini, PSV berhasil meraih kemenangan empat dari lima pertandingan terakhir mereka. Belum lagi, PSV berhasil mencetak 17 gol di lima terakhir mereka di musim ini.

Dalam laga nanti, sudah pasti PSV tetap akan mengandalkan empat bomber tajam. Mereka adalah Georginio Wijnaldum yang sudah mencetak 14 gol, Dries Mertens 15 gol, Jeremain Lens 15 gol dan Tim Matavz 11 gol.

Selain itu, PSV juga mengandalkan Kevin Strootman adalah gelandang yang mampu menjadi roh bagi permainan PSV bahkan Timnas Belanda. Pemain berusia 22 tahun itu juga telah mencetak 5 gol dari 28 laga di musim ini.

Strootman bersama seniornya Mark van Bommel sukses membawa PSV terus membayangi Ajax di papan atas klasemen Liga Belanda musim ini. Salah satu klub raksasa yang yang mengincar Strootman adalah Manchester United. Pemain andalan ini bakal mendukung akselerasi sang striker Matavz untuk menembus pertahanan AZ.

Sementara, AZ akan tetap mengandalkan Altidore, pemain yang telah mencetak 30 gol bagi Alkmaar di semua kompetisi musim ini.

Dari total pertemuan kedua tim, PSV begitu dominan meraih kemenangan atas AZ karena berhasil mengemas 22 kemenangan, sementara AZ hanya enam kemenangan saja dan enam sisanya berakhir imbang bagi kedua tim dari 34 pertemuan keduanya.

Belum lagi, PSV selalu menang di dua pertandingan keduanya di musim ini dalam ajang Liga Eredivisie musim ini. Pertemuan musim ini pada September 2012 silam, PSV berhasil menang 5-1 atas AZ dikandang sendiri. Sementara saat bertandang ke Alkmaar, PSV berhasil menang 3-1.

Jadi, jika kita menilik rekor pertemuan kedua tim dan tentunya skuat dari masing-masing tim. PSV nampaknya lebih diunggulkan dalam laga nanti, minimal dengan marjin satu hingga dua gol dalam pertandingan nanti.

Pertandingan ini juga seperti laga balas dendam bagi PSV untuk membalas sakit hati kegagalan mereka dalam meraih gelar juara Liga Eredivisie musim ini. Padahal di awal musim hingga paruh musim, PSV selalu unggul atas Ajax. (Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.