Sukses

Gubernur Jabar Akan Bangun Sejumlah Stadion Megah

Jawa Barat akan membangun sejumlah stadion megah seperti Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Pembiayaan pembangunan akan dilakukan dengan cara patungan.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan akan membangun sejumlah stadion megah di sejumlah daerah di Jabar seperti Stadion Gelora Bandung Lautan Api. "Stadion Gelora Bandung Lautan Api bukan hanya kebanggaan warga Bandung, tetapi juga kebanggaan warga Jabar. Jabar akan membangun beberapa stadion sejenis di daerah lain dalam rangka mendorong prestasi olahraga," kata Gubernur Ahmad di sela-sela peresmian Stadion Gelora BLA di Bandung, Sabtu (11/5/13) WIB.

Gelora Bandung Lautan Api yang akan menjadi tempat pembukaan PON XIX/2016 dan home base untuk Persib Bandung itu dibangun dengan biaya patungan Pemkot Bandung dengan Pemprov Jabar. Menurut Gubernur Ahmad, Jabar yang berpenduduk 44 juta sangat pantas memiliki tiga hingga empat stadion berkelas sama di provinsi itu.

"Kami serius untuk membangun stadion lagi, dengan penduduk 44 juta jiwa, maka tidak cukup dengan satu stadion saja, perlu dibangun yang lainnya dengan kualifikasi sama," ucapnya.

Sementara itu, skema pembiayaan pembangunan stadion dengan cara patungan itu bakal dipakai dengan daerah lainnya di Jabar. Menurut Gubernur Ahmad, dengan demikian maka pembiayaan dapat ditanggung bersama.

Khusus untuk penyelesaian stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gubernur Ahmad menyatakan Jabar telah mengalokasikan anggaran senilai Rp 100 miliar pada APBD 2013 murni dan mengalokasikan lagi tambahannya pada APBN Perubahan 2013 senilai Rp 100 miliar, totalnya menjadi Rp 485 miliar.

"Stadion ini masih akan dilengkapi dengan fasilitas lainnya, termasuk tempat pertandingan cabang olahraga lainnya," ujarnya.

Ia menyebutkan, kehadiran Stadion Bandung Lautan Api menjadi langkah awal untuk persiapan PON XIX/2016. Stadion ini bakal menjadi tempat pembukaan pertandingan olahraga multieven empat tahunan itu. "Stadion ini akan menjadi tempat pembukaan PON XIX/2016, yang jelas Jabar harus menjadi juara umum," tutur Gubernur Ahmad.(Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini