Sukses

Dua Gol Lampard Menangkan Chelsea

Dua gol Lampard di babak kedua memberi Chelsea kemenangan 2-1 atas Aston Villa. Tambahan tiga poin mengamankan posisi Chelsea untuk meraih tiket Liga Champions musim depan.

Chelsea meraih poin sempurna saat bertandang ke Villa Park menghadapi Aston Villa di pekan ke-37 Liga Premier, Sabtu (11/5/13) malam WIB. Sempat tertinggal di babak pertama, pasukan Rafael Banitez membalikkan keadaan di babak kedua lewat dua gol Frank Lampard.

Meski sebagai tim tamu, Chelsea langsung tampil menyerang di menit-menit awal. Demba Ba sudah mengancam gawang Villa di menit ke-7. Namun, sepakannya masih melambung di atas gawang Brad Guzan.

Pendukung Villa bersorak di menit ke-15 setelah Christian Benteke menjebol gawang Petr Ceh. Gol bermula saat Benteke menerima umpan terobosan. Striker asal Belgia itu kemudian menerobos ke dalam kotak penalti. Setelah mengecoh bek Gary Cahill, ia melepaskan sepakan terukur ke sisi kiri gawang. Petr Cech yang sudah merenggangkan kakinya tak mampu menahan bola untuk masuk ke gawang.

Chelsea memcoba membalas. Namun, dua peluang The Blues digagalkan kiper Buzan. Pertama di menit 22, Ba yang sudah berhadapan dengan Guzan tak bisa menceploskan bola ke gawang kiper Villa asal Amerika Serikat tersebut. Kedua di menit ke-30, tendangan bebas Frank Lampard bisa ditepis Guzan. Bola yang menerpa menerpa tiang gawang hendak diteruskan oleh Juan Mata, tapi Guzan lebih cepat menepis bola keluar lapangan.

Alih-alih menyamakan skor, Chelsea justru harus bermain dengan 10 pemain setelah Ramires mendapat kartu kuning kedua di menit ke-45. Gelandang asal Brasil itu mengangkat kaki terlalu tinggi saat mencoba merebut bola dari Agbonlahor. Sebelumnya, Ramires menerima kartu kuning karena melakukan tikel berbahaya kepada Benteke. Hingga jeda, skor 1-0 tidak berubah.

Kehilangan seorang pemain membuat Chelsea bermain bertahan di babak kedua. Namun baru 13 menit babak kedua berjalang, Villa juga harus bermain dengan 10 pemain setelah Benteke diganjar kartu kuning kedua. Ia mengangkat kaki terlalu tinggi saat mencoba merebut bola dari John Terry. Benteke sebelumnya menerima kartu kuning pertama karena menyikut wajah Azpilicueta di babak pertama.

Sama-sama bermain dengan 10 pemain membuat Chelsea kembali bermain menyerang. Di menit ke-61, Lampard membawa Chelsea menyamakan kedudukan. Mendapat umpan dari Eden Hazard, gelandang senior The Blues ini melepaskan sepakan kaki kiri yang tak mampu dijangkau Guzan. Skor 1-1. David Luiz nyaris membawa Chelsea berbalik unggul andai saja tendangan bebasnya tak mampu diblok oleh Guzan.

Lampard akhirnya menjadi pahlawan Chelsea lewat gol keduanya di menit ke-88. Lagi-lagi Hazard berperan dalam gol ini. Umpan Hazard dari sisi kanan pertahanan Villa ke kotak penalti disambut Lampard untuk menjebol gawang Guzan. Ini merupakan gol 203 Lampard bersama Chelsea dan merupakan sejarah sebagai pemain tersubur.

Tujuh menit waktu tambahan diberikan oleh wasit. Namun, upaya Villa untuk menyamakan kedudukan tidak berhasil. Skor 2-1 untuk Chelsea tidak berubah. Tambahan tiga poin mengamankan posisi Chelsea di peringkat ketiga klasemen sementara Liga Premier dengan poin 72. Chelsea pun kian aman untuk meraih tiket ke Liga Champions musim depan dengan sisa satu laga lagi.

Sementara Villa tetap di peringkat 13 dengan poin 40. Namun, posisi Villa terancam dilewati Southampton, Sunderland, Norwich City, dan Newcastle United yang baru akan bermain pada Minggu (12/5/13).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.