Sukses

Persipura Bungkam Keganasan Singo Edan

Arema Indonesia tak berdaya di kandangnya sendiri. Menjamu Persipura Jayapura, Arema dipaksa takluk 1-2.

Keperkasaan Persipura Jayapura kembali dipertontonkan pada pekan ke-18 Indonesia Super League musim ini. Menghadapi Arema Indonesia di Stadion Kanjuruhan Malang, Persipura sukses mengukir kemenangan dengan skor 2-1.

Keadaan sempat tak kondusif saat laga belum dimulai. Itu terjadi karena suporter Persipura yang tak dapat jatah di tribun penonton masuk ke pinggir lapangan. Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago awalnya ragu untuk membiarkan anak asuhannya memainkan pertandingan. Namun dengan jaminan pihak panitia pelaksana, Persipura akhirnya bersedia tampil di depan puluhan ribu Aremania.

Di awal laga, baik Arema maupun Persipura sama-sama bermain ngotot. Serangan cepat secara bergantian dilakukan kedua tim. Namun yang dapat gol pertama justru tim tamu. Lewat aksi Zah Rahan, tim Mutiara Hitam sukses membuat kubu tuan rumah terdiam sejenak.

Di menit ke-42, Arema dapat hadiah penalti. Itu terjadi karena sebelumnya Imanuel Wanggai dianggap melakukan handsball di kotak terlarang. Namun Beto Goncalves yang ditunjuk jadi eksekutor gagal melakukan tugasnya. Sepakannya hanya mengarah ke atas mistar gawang Persipura.

Pada babak kedua, Arema mencoba ambil kendali permainan. Mereka akhirnya kembali dapat hadiah penalti di menit ke-51. Kali ini, Otavio Dutra yang melakukan handsball di area penalti timnya sendiri. Untungnya, Greg Nwokolo yang jadi eksekutor gagal merobek jala Persipura. Tendangan Greg mampu dibaca secara jitu oleh kiper Persipura, Yoo Jae Hoon.

Menit ke-70, Persipura mampu mengukuhkan kedudukannya. Kali ini, Boaz Salossa yang sukses mengukirkan namanya di papan skor. Gol bermula saat Ian mengirim umpan matang ke depan gawang. Dengan cekatan, Boaz berhasil merobek gawang Arema kawalan Ahmad Kurniawan.

Tujuh menit berselang, Arema mampu memperkecil kedudukan. Adalah Thierry Ghatusie yang akhirnya menjebol gawang Persipura. Bek Arema itu dengan brilian dapat memaksimalkan bola hasil sepakan pojok.

Hingga usai laga, skor tetap bertahan 2-1 untuk Persipura. Dengan hasil ini, skuat Mutiara Hitam semakin kokoh di puncak klasemen ISL. Sedangkan Arema ke posisi ke-4. Mereka harus rela digeser Persib Bandung dan Sriwijaya FC di klasemen sementara. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.