by evan

Xavi Bicara soal Neymar, Valdes dan Revolusi Barcelona

  • Wawancara
  • 0
  • 17 Mei 2013 10:37
Meski sudah menjadi pemain bintang, Xavi Hernandez rupanya tak segan berbagi cerita tentang berbagai aspek. Gelandang Barcelona ini dengan antusias melontarkan pernyataan mengenai pencapaian prestasi, rumor transfer, rahasia kehebatannya di lapangan, bahkan soal masa depan beberapa rekannya di timnas Spanyol.
 
Berikut, hasil wawancara Xavi, motor permainan Barcelona dan Timnas Spanyol yang dikutip dari harian Marca.
 
Apa perasaan Anda setelah sukses meraih gelar La Liga yang ketujuh?
Ini bukanlah hasil yang buruk. Saya sangat bangga dan senang bisa menjadi bagian tim yang bisa memenangkan tujuh gelar liga yang teramat penting. Saat ini, kami memiliki generasi yang fantastis. Mudah-mudahan, kami akan memenangkan banyak gelar. Generasi ini bisa melakukannya.
 
Apa yang Anda pikirkan mengenai revolusi tim?
Ketika semuanya berjalan lancar, saya mendukung perubahan ini. Menurut beberapa orang, kami berada dalam situasi yang buruk. Tapi kami baru saja memenangkan liga dan sekarang saat untuk mengubah segalanya.
 
Bayern Muenchen memberikan hukuman dengan mengeluarkan kami dari Liga Champions, dan Real Madrid juga melakukan itu pada Copa del Rey. Namun bagi saya, kami tak perlu melakukan banyak perubahan sebab Tito Vilanova (pelatih Barcelona) dan Andoni Zubizarreta (Direktur olahraga Barcelona) yang akan memutuskan segalanya.
 
Bagaimana soal kebugaran fisik Anda?
Secara fisik saya siap untuk terus bermain. Itu sebabnya saya bersedia menandatangani kontrak selama tiga musim dengan Barcelona. Saya juga belum menginginkan meninggalkan tim nasional. Saya masih ingin memperkuat Spanyol untuk Piala Konfederasi dan Piala Dunia 2014. Saya masih ingin tampil di level tertinggi dan saya bisa melakukannya.
 
Bagaimana cara tim Anda melakukan perayaan kali ini?
Setiap orang memiliki pendapat mereka sendiri. Atfosfer terbesar adalah saat dimana semua orang tampak begitu senang terlibat dalam suatu parade. Kami ada di atas bis yang beratap terbuka. Itu tak berbeda dari yang lainnya.
 
Bagaimana prediksi Anda tentang transfer musim panas?
Saya mulai memikirkan tentang beberapa pemain yang kemungkinan besar akan meninggalkan tim. Salah satu dari mereka adalah Victor Valdes. Saya merasa itu adalah keputusannya. Dia adalah pemain top dan semua orang tahu dia tak akan memperpanjang kontraknya. Selain itu kami tak tahu lagi siapa yang akan meninggalkan tim ini.
 
Bagaimana dengan Neymar?
Pemain seperti dia cocok untuk klub manapun. Tapi keputusan untuk mendatangkan pemain baru dipegang oleh orang lain. Yang jelas siapapun yang tiba di sini akan disambut dengan tangan terbuka.
 
Neymar adalah pemain yang luar biasa. Dia sangat berbeda. Dia sangat menyulitkan para pemain belakang dan aksinya sangat baik ketika berhadapan dengan kiper. Dia bisa menjadi yang terbaik di dunia.
 
Apa tanggapan Anda mengenai keringnya prestasi Barcelona beberapa waktu lalu?
Waktu itu saya tak bisa membayangkan apa yang bakal terjadi di kemudian hari. Sebagai seorang Cules (penggemar Barcelona) saya merasa pesimistis. Kami menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menyempurnakan filosofi dan sekarang kami melihat hasil yang bagus dari pekerjaan itu.
 
Bagaimana tanggapan Anda tentang sisi yang tidak berjalan bagus di musim ini?
Saya tak pernah berpikir Madrid ataupun Bayern memberikan kami tempat persembunyian yang bagus. Saat di Copa del Rey, kami tak kalah ketika semifinal dimainkan di Bernabeu. Tapi saat melawan Muenchen, kami tak memiliki kebugaran baik fisik maupun mental.
 
Soal kemungkinan bakal ditinggal Victor Valdes, apa tanggapan Anda?
Ini jelas kerugian besar buat kami. Tak ada yang meragukan itu. Dia memberikan kami stabilitas dan keamanan di tiap kesempatan. Kami hanya bisa berharap siapapun yang menggantikannya dapat melakukan kemampuan dengan level seperti Victor.
 
Bagaimana dengan jadwal Anda di level Internasional?
Memang banyak sekali pertandingan yang harus saya lewati. Itu membuat kaki Anda lelah saat di akhir musim. Namun  saya menikmati bermain dalam waktu tiga kali sehari. Itu adalah cara bagaimana Anda bisa membangun ritme dan bentuk permainan dengan Timnas Spanyol. Saya ingin menang di Piala Konfederasi.
 
Lalu apa tanggapan Anda soal hubungan buruk Jose Mourinho dan Iker Casillas?
Saya tak pernah tahu apakah Mourinho akan melanjutkan kariernya atau tidak. Saya hanya ingin melihat pemain penting seperti Iker Casillas tidak mengalami nasib seperti ini. Belum lama, dia masuk ke dalam nominasi Ballon d’Or, tapi kini dia terbuang. Dia adalah temanku. Dia panutan bagi banyak orang. Di adalah kapten tim nasional Spanyol. Dia tak layak mendapatkan ini. (Oleh Jose Mourinho, Iker Casillas tak lagi dijadikan sebagai penjaga gawang utama Real Madrid). (Marca/*)

Baca juga:
  • <a href="http://bit.ly/19BuDxy">7 Skandal Perselingkuhan Beckham, Salah Satu Bermula di Singapura</a>
  • <a href="http://bit.ly/10vQFRs">Peringatan untuk Rooney, 5 Pemain Ini Menyesal Tinggalkan MU</a>
  • <a href="http://bit.ly/12zeiZq">Empat Pemain Madrid Masuk Daftar Incaran Milan</a>
  • <a href="http://bit.ly/16D3OfS">Kiper Berbakat Jerman Buka Pintu Hijrah ke Barca</a>
  • <a href="http://bit.ly/10872E7">Pernyataan AC Milan untuk David Beckham</a>
  • <a href="http://bit.ly/12ze18U">Inilah Kalimat Perpisahan Beckham</a>
  • <a href="http://bit.ly/17ywZAW">Balotelli Akhirnya Bicara soal Nasib Mancini di City</a>
  • <a href="http://bit.ly/18OMnIv">Skuat Sementara Italia di Piala Konfederasi Didominasi Juve</a>
  • <a href="http://bit.ly/Z01Zaf">Mengenang Karier Emas Beckham</a>
  • <a href="http://bit.ly/106qD7I">Judgement Day Trio Klub London</a>

(Bek)

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler