by

Cetak Sejarah, Sassuolo Raih Promosi ke Serie A

  • Liga Italia
  • 0
  • 19 Mei 2013 02:30
Drama terjadi di pekan terakhir kompetisi Serie B musim 2012-2013. Diwarnai tiga kartu merah, tuan rumah Sassuolo yang terpaksa tampil dengan sembilan (9) pemain, meraih kemenangan dramatis 1-0 (0-0) atas tamu sekaligus rivalnya Livorno dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Alberto Braglia, Sabtu (18/5/13) sore waktu setempat.

Gol semata wayang kemenangan tim asuhan Eusebio Di Francesco itu diciptakan gelandang dan pengatur serangan Simone Missiroli di menit keenam injury time. Dengan tambahan tiga poin tersebut, Sassuolo mempertahankan posisinya di peringkat pertama klasemen akhir atau tampil sebagai juara Serie B dengan jumlah 85 poin dari 42 partai. Keberhasilan tersebut membuat Sassuolo berhak mendapatkan tiket promosi otomatis ke kancah Serie A musim depan. Prestasi kali pertama bagi klub yang berdiri pada 1922.

Kesuksesan Sassuolo diikuti rival terdekat lainnya Hellas Verona yang pada waktu bersamaan bermain imbang tanpa gol alias 0-0 dengan peringkat keempat Empoli. Dengan mengumpulkan 82 poin, Verona bertahan di peringkat dua besar yang juga berarti tiket promosi otomatis.

Sebaliknya, kekalahan bagi Livorno dan hasil imbang yang diraih Empoli tersebut belum menutup peluang keduanya untuk meraih satu tiket promosi yang masih tersisa. Livorno dan Empoli akan bertarung dalam babak semifinal play-off menghadapi tim peringkat kelima dan keenam: Novara dan Brescia.

Seperti yang dilansir Football Italia, di leg pertama yang akan dilangsungkan Rabu, 22 Mei, Livorno dan Empoli akan bertindak sebagai tim tamu dan menghadapi Brescia dan Novara. Empat hari kemudian, Minggu (26/5/13), giliran Livorno dan Empoli yang akan menjadi tuan rumah. Pemenang antara dua partai semifinal tersebut akan berhadapan di partai final play-off yang digelar dalam dua partai (leg), yaitu pada 29 Mei dan 2 Juni mendatang. (FI)

Comments
Sign in to post a comment