Sukses

Iachini-Allegri, Dua Pelatih Beda Nasib

Nasib pelatih Milan Massimiliano Allegri akan ditentukan setelah pertandingan melawan Siena. Pelatih yang membawa Milan scudetto di musim 2011 ini, disebut-sebut akan hengkang ke Roma.

Teka-teki soal masa depan Massimiliano Allegri mulai terungkap. Kejelasan karir Allegri di San Siro sebelumnya memang sempat jadi bahasan petinggi AC Milan. Bahkan, pelatih kelahiran Livorno itu, pernah dikabarkan akan dipecat di pertengahan musim. Nasib Allegri memang menjadi tak menentu setelah gagal mengembalikan penampilan terbaik I Rossoneri tahun ini.

Kini, kelanjutan kursi Allegri sudah diterangkan pemilik Milan, Silvio Berluconi. Berlusconi mengungkapkan bahwa nasib Allegri setelah hengkang dari Milan akan menuju ibukota Italia. "Allegri akan menuju Roma. Pengumumannya akan ada setelah pertandingan melawan Siena (Minggu, 19 Mei)," ujar Berlusconi.

Namun, ucapan Berlusconi masih dianggap lelucon oleh media Italia. Karena walau gagal meraih Scudetto, Milan masih bisa menjadi tim tiga besar di Serie A musim ini dan bukan tidak mungkin akan kembali berlaga di Liga Champions musim depan.

Pernyataan Berlusconi itu, sebenarnya sangat disayangkan dilontarkan sekarang saat Milan tengah berjuang mempertahankan posisi tiga sekaligus mengamankan tiket ke Liga Champions. Dikhawatirkan konsentrasi pria yang membawa Milan scudetto di musim 2011 itu, menjadi terganggu.

Allegri dikontrak di San Siro hingga 2014. Prestasi pelatih 45 tahun ini selama menukangi Milan sebenarnya tidaklah terlalu buruk. Memasuki 2013, Milan membetot predikat sebagai satu-satunya tim di Serie A yang belum pernah mengenyam kekalahan, dengan sembilan kemenangan dan lima kali hasil imbang.

Gebrakan Allegri yang cukup menghebohkan di Milan adalah saat memulai musim dengan aksi "bersih-bersih". Milan yang dihuni "gerbong tua", dengan komposisi pemain seperti Gennaro Gattuso, Clarence Seedorf dan Alessandro Nesta berangsur digusur.

Bahkan, Zlatan Ibrahimovic dan Thiago Silva dijual dengan alasan keuangan. Allegri yakin meski dengan mengandalkan pasukan muda di lini depan, Milan dapat tampil lebih beringas dan trengginas.

Revolusi Milan ala Allegri kini sudah memunculkan pemain berbakat, seperti Stephan El Shaarawy, Mattia De Sciglio dan M’Baye Niang. Ditambah lagi dengan hadirnya Mario Balotelli, rekutran baru dari Manchester City.

Allegri lahir di Livorno, Italia, 11 Agustus 1967. Sebelum jadi pelatih, dia adalah mantan gelandang Italia. Sebagai pelatih, Allegri pernah melatih beberapa tim, yakni : Aglianese, Grosseto, Sassuolo, dan Cagliari.

Sementara itu, Giuseppe Iachini adalah pelatih baru Siena. Dia menggantikan Serse Cosmi yang dipecat dari jabatannya pada Desember 2012.

Iachini pernah menangani Sampdoria pada musim 2011/12 mulai November 2011 hingga Juni 2012. Posisinya saat itu adalah menggantikan Gianluca Atzori yang dipecat. Ia berhasil membawa Sampdoria promosi ke Serie A pada musim 2012/13. Sebelumnya Iachini pernah melatih Brescia, Chievo, Piacenza, Vicenza, Cesena, dan Venezia.

Atas prestasinya semasa menukangi Sampdoria, manajemen Siena berharap pelatih kelahiran Ascoli 7 Mei 1964, bisa membawa klub memperbaiki posisinya yang berada di papan bawah klasemen.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.