Sukses

Tiga Nomor Andalan India Lawan Indonesia

India harus mengalahkan Indonesia jika ingin lolos dari penyisihan Grup A Piala Sudirman 2013. Nomor tunggal putri, tunggal putra, dan dan putri akan menjadi andalan India.

Kalah 0-5 dari China, India harus mengalahkan Indonesia di pertandingan kedua penyisihan Grup A Piala Sudirman 2013. Sebab, hanya juara grup dan runner up yang lolos ke babak selanjutnya. India mengaku peluangnya berat di Piala Sudirman kali ini.

"Pada saat undian keluar, kami merasa cukup berat juga berada satu grup bersama China dan Indonesia," tutur Edwin Iriawan, mantan pelatih Indonesia yang kini menjadi Wakil Kepala Pelatih Tim India, di Stadium Putra, Kompleks Olahraga Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Ahad (19/5/13).

"Soal target, bagi kami dengan hasil undian seperti ini, lolos babak penyisihan saja sudah bagus."

Meski demikian, India mengaku tetap optimistis menghadapi Indonesia pada Senin (20/5/13) besok. Tiga poin kemenangan di nomor tunggal putri, tunggal putra, dan ganda putri diharapkan India bisa menghentikan perlawanan Indonesia.

"Tim India akan mengandalkan tiga nomor saat melawan Indonesia besok, yaitu tunggal putri, tunggal putra, dan ganda putri," kata Edwin. "Untuk ganda campuran dan ganda putra, peluang kami berat, kami mencoba realistis saja.

Hari ini, melawan China, India sudah turun dengan formasi terbaiknya. Bukan tak mungkin saat melawan Indonesia besok, India kembali menurunkan tim dengan format sama.

Di tunggal putri, Sindhu P.V yang bermain cemerlang melawang Wang Yihan sudah pasti kembali diturunkan. Ini mengingat tunggal utama Saina Nehwal didera cedera. Untuk tunggal putra, Kashyap Parupalli yang merupakan rangking 11 dunia akan menjadi andalan India. Namun, bisa juga Anand Pawar yang dimainkan.

Sementara untuk ganda putri, India punya pasangan Ashwini Ponnappa/Pradnya Gadre. Meski belum lama berpasangan, Ashwini/Pradnya ini tak boleh dipandang sebelah mata. Pasangan ini pernah menumbangkan ganda putri China, Ma Jin/Tang Jinhua, di ajang Malaysia Open Superseries 2013 lalu. Wajar jika nomor ini menjadi salah satu andalan India untuk mendulang poin.

Sedangkan di ganda putra, India masih belum punya pasangan andalan. Akan tetapi, aksi Akhsay Dewalkar/Jerry Chopra yang hari ini memberi perlawanan sengit kepada ganda putra China, juga patut menjadi perhatian.

Pasangan ganda campuran andalan India, Tarun Kona/Ashwini Ponnappa, kerap membuat kejutan dengan menyulitkan lawan-lawannya di lapangan. Meski merasa peluangnya berat di nomor ini, Indonesia tak boleh lengah dan tetap mewaspadai pasangan ini.(BI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini