Sukses

Menpora Isyaratkan ISG Digelar di Jakarta

Menpora, Roy Suryo, mengisyaratkan Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 akan digelar di Jakarta. Pro dan kontra soal perubahan lokasi ISG dari Riau ke Jakarta bisa diselesaikan dengan menunjuk dua tempat.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, mengatakan keputusan tempat pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 tinggal menunggu surat Keputusan Presiden (Keppres). Keppres tersebut berisi tentang perubahan waktu dan tempat pelaksanaan ISG dari Riau ke Jakarta. "Iya kemungkinan dipastikan di Jakarta. Kami tinggal tunggu Keppres keluar," kata Menpora, Senin (20/5/2013).

Namun, Menpora belum dapat memastikan kapan Keppres itu keluar. "Masih ada sedikit koordinasi di level Kemenkokesra. Beliau (Menkokesra Agung Laksono) sangat bijak tidak ingin menyakiti masyarakat," ujar Roy.

Menurut Mnepora, pro dan kontra perubahan lokasi ISG dari Riau ke Jakarta bisa diselesaikan dengan menunjuk dua tempat, yakni Riau dan Jakarta. Namun syaratnya, kata Roy, pelaksanaan pertandingan di Riau bukan di arena yang bermasalah.

"Ada pilihan lain nantinya. Sebagian di Pekanbaru (Riau) dan sebagian di Jakarta. Tetapi syaratnya yang di Riau bukan di venue yang bermasalah. Ini sebagai penghargaan terhadap persiapan ISG dari masyarakat Riau," jelas Roy.

Pelaksanaan ISG rencananya akan digelar pada 22 September-1 Oktober. Sebelumnya, acara dijadwalkan pada 6-17 Juni, namun diundur karena lokasi yang sebelumnya menjadi tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 itu masih banyak kekurangan.

Selain stadion utama masih terlilit utang hingga Rp 240 miliar dan arena aquatik yang masih harus direnovasi, status hukum Gubernur Riau, Rusli Zainal, yang juga menjabat Ketua Pelaksana Daerah ISG telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).(Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini