Sukses

Twente dan Utrecht Berjibaku demi Satu Tiket Liga Eropa

Laga leg pertama final play-off tiket Liga Eropa dalam kompetisi Liga Eredivisie akan digelar di Stadion De Grolsch Veste, Enschede, Jumat (24/5/2013) dinihari WIB.

Laga leg pertama final play-off tiket Liga Eropa dalam kompetisi Liga Eredivisie akan digelar di Stadion De Grolsch Veste, Enschede pada Jumat (24/5/2013) dinihari WIB. Kedua tim yang berjuang untuk memperebutkan satu tiket tersebut adalah Twente kontra Utrecht.

Menjelang final hingga saat ini, Utrecht mencatatkan rekor yang cukup impresif dengan meraih enam kemenangan dalam enam laga terakhir mereka. Utrecht sendiri menyelesaikan musim ini dengan menempati posisi ke-5. Sementara dalam laga semifinal lalu, Utrecht berhasil menyingkirkan Heerenveen dengan menang agregate 3-1.

Performa Utrecht cukup menanjak semenjak menelan kekalahan telak 6-0 atas AZ Alkmaar pada bulan lalu. Sejak kekalahan itu, Utrecht telah mencetak 15 gol dalam enam pertandingan terakhir.

Sementara gelandang berusia 24 tahun, Jens Toornstra telah bermain cukup apik sebagai roh permainan Utrect dan membantu timnya meraih enam kemenangan dominan.

Di sisi lain, Twente juga bermain dengan baik di bawah asuhan Michel Jansen. Mereka tak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir mereka.

Dari sepuluh pertandingan tersebut, delapan di antaranya berakhir dengan kemenangan, sementara dua harus berakhir imbang. Di awal tahun 2013 ini, performa Twente boleh dibilang cukup apik dengan menyelesaikan musim ini di posisi ke-6 dalam klasemen akhir Liga Eredivisie musim ini.

Dalam laga semifinal, FC Twente mencatat kemenangan dengan agregate 4-2 setelah menundukkan FC Groningen. Di leg pertama, Twente bisa mencuri kemenangan 1-0. Sedangkan di leg kedua, Twente kembali menang dengan skor 3-2.

Dalam laga nanti Utrecht akan kehilangan beberapa pemainnya mulai dari Yassin Ayoub, Leon de Kogel, Adam Sarota, dan Yoshiaki Takagi.

Untuk tiga nama mesin gol Utrecht seperti penyerang asal Zambia Jacob Mulenga, Alexander Gerndt, dan Jens Toornstra dipastikan dapat turun dalam laga nanti. Ketiganya sudah mencetak 25 gol bagi timnya pada musim ini.

Mulenga adalah aktor kemenangan timnya di leg pertama ketika berhasil memberikan umpan matang yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Tapi, ketika kami melawan tim kecil kami seperti, 'oke, tim papan atas akan selesai setelah ini Van der Gum. Penyerang berusia 29 tahun itu telah tampil sebanyak 29 pertandingan di musim ini dan di 24 laga dia bermain sejak menit pertama bagi Utrecht.

Dalam pertandingan nanti Twente dipastikan tidak akan diperkuat oleh beberapa nama personelnya mulai dari Wout Brama, Denny Landzaat dan Andrej Rendla karena cedera.

Sementara dari kubu, Groningen mereka dipastikan akan dapat menurunkan semua skuat terbaiknya. Semua personel tidak ada pemain tak ada yang mengalami cedera.

Twente masih bertumpu pada kombinasi lini serang saat ini. Ada nama Luc Castaignos, Dusan Tadic, dan Nacer Chadli. Ketiganya sudah mengoleksi 35 gol bagi timnya saat ini.

Castaignos sendiri sudah mencetak 13 gol di musim ini. Dia juga telah tampil sebanyak 35 pertandingan dengan rincian 26 laga bisa tampil penuh. Mantan pemain Inter Milan tersebut menjadi kunci kesuksesan Twente di musim ini.

Walaupun sempat gagal bersama Inter di musim lalu, tapi pemuda berusia 20 tahun tersebut telah menunjukkan kualitasnya saat ini bersama Twente.

Dengan penampilan cukup impresif kedua tim saat ini, baik Twente maupun Utrecht sepertinya akan menampilkan duel yang cukup memikat.

Secara head to head rekor pertemuan memang Twente unggul jauh dengan meraih 20 kemenangan sedangkan Utrecht hanya sembilan kemenangan dan 14 hasil imbang dari 43 pertemuan yang telah dimainkan kedua tim.

Sepertinya Twente akan meraih kemenangan tipis atas Utrecht dalam laga ini karena bermain di hadapan para pendukungannya sendiri. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.