Sukses

Mulusnya Perjalanan Bayern ke Wembley

Perjalanan Bayern Muenchen ke babak final yang akan digelar di Stadion Wembley, London ternyata memang mulus. Tapi mampukah Bayern menghadapi Dortmund di final?

Perjalanan skuat Bayern Muenchen ke puncak final Liga Champions musim ini memang mulus dan meyakinkan. Sejak menjalani laga di fase Grup F bersama Valencia, Bate Borisov, dan Lille, anak-anak asuhan Jupp Heynckes telah menunjukkan kelasnya.

Pada pertandingan kandang melawan Valencia yang digelar di Allianz Arena, Muenchen 19 September 2012 silam, Muenchen hanya menang tipis 2-1. Gol Bayern diceploskan Schweinsteiger pada menit ke-38 babak pertama. Kroos berhasil menambah kemenangan Muenchen dengan lesakan golnya di babak kedua menit ke-76.

Dengan terseok-seok akhirnya Valencia bisa juga memperkecil kekalahan pada waktu injury time. Valdez melesakkan bola ke gawang Bayern pada menit ke-90 (+1) sebelum wasit Firat Aydinus asal Turki meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga.

Saat leg kedua di kandang Valencia, 20 November 2013 silam skuat Jupp Heynckes nyaris tak mampu menunjukkan dominasinya. Tuan rumah Valencia melakukan perlawanan keras karena harus menang dan mengejar selisih gol. Tapi kedua tim harus puas dengan hasil imbang 1-1.

Pada laga selanjutnya, Muenchen tak pernah kalah. Ketika melawan Bate Borisov di laga tandang di Stadion Dynama Minsk, 2 Oktober 2012, Bayern unggul 3-1. Begitu pula saat menjalani laga kandang di Allianz Arena, 5 Desember 2012 silam, Muenchen unggul telak 4-1.

Bayern Muenchen sulit dikejar oleh para pesaingnya di Grup F. Klub asal Prancis, Lille merasakan juga ketangguhan Bayern. Di laga kandang yang digelar di Grand Stade Lille Metropole, Villeneuve d'Ascq pada 23 Oktober 2012, Muenchen unggul tipis 1-0. Namun ketika bermain di kandang raksasa Jerman itu, Lille jadi bulan-bulanan skuat asuhan Heynckes.

Di menit ke-5 Schweinsteiger berhasil membobol gawang Lille. Setelah itu berturut-turut Pizarro membuat hattrick di menit ke-18,28, dan 33). Seolah tak puas dengan jumlah gol yang telah disarangkan, Robben dan Kroos menambah gol masing-masing 1. Sementara Lille hanya mampu memperkecil kekalahan dengan menyarangkan 1 gol lewat Kalou di menit ke-57 babak kedua.  Alhasil, Bayern Muenchen menang besar atas Lille dengan skor meyakinkan 6-1.

Babak 16 besar

Perkiraan publik sepakbola, Muenchen bakal mendapat perlawanan ketat dari salah satu raksasa Inggris Arsenal ternyata tak terbukti. Lihat saja, ketika menjalani laga tandang 19 Februari 2013 di Stadion Emirates London, anak-anak asuhan Heynckes unggul 3-1.

Saat menjalani laga kandang di Allianz Arena, Muenchen 13 Maret 2013 barulah Muenchen mengalami kekalahan tanpa balas. Bayern takluk 2-0 dari tamunya The Gunners. Tapi tuan rumah unggul aggregat hingga akhirnya lolos ke babak berikutnya. Upaya ngotot skuat Arsenal asuhan Arsene Wenger tak membuahkan hasil.

Babak Perempatfinal

Bayern Muenchen berjumpa raksasa Italia Juventus. Publik menunggu partai seru ini dengan penuh tanda tanya, siapa yang lebih pantas lolos ke semifinal. Kedua klub memiliki rekam jejak yang pantas untuk melaju ke babak yang lebih bergengsi di kancah liga antarklub Eropa itu.

Muenchen berkesempatan menjamu lebih dulu tamunya Juventus, 2 April 2013 silam. Di Allianz Arena Muenchen inilah sepertinya rekor gol tercepat tercipta. Skuat Juventus terkejut luar biasa ketika Alaba mencetak gol di menit pertama. Gol Alaba bertahan hingga babak pertama usai. Pasukan Juventus kian cemas ketika Muller menambah keunggulan Bayern dengan golnya di menit ke-63 babak kedua. Kemenangan Bayern 2-0 menandai laga leg pertama tersebut.

Di pertandingan leg kedua partai tandang, Muenchen kembali memenangi laga 2-0. Para Juventini dibuat kecewa, laga tandang yang digelar di Stadion Juventus, Torino 10 April 2013 itu menandai berhentinya langkah Si Nyonya Besar di kancah Liga Champions musim ini.

Babak Semifinal

Keperkasaan Bayern Muenchen benar-benar teruji. Raksasa Jerman ini harus menghadapi klub asal Spanyol yang paling ditakuti di seluruh Eropa, Barcelona. Tapi Muenchen benar-benar menunjukkan kelasnya. Di laga kandang, 23 April silam Muenchen menggilas Barca 4-0. Kehebatan dan ketangguhan anak-anak asuhan Heynckes sungguh-sungguh teruji ketika di laga tandangnya, di Camp Nou Barcelona 1 Mei lalu Die Roten alias Si Merah dengan telak menggulung Barca 3-0.

Kini mampukah Bayern Muenchen menaklukkan 'saudara' sendiri sesama Jerman di depan publik Inggris dan dunia pada laga yang akan digelar di Stadion Wembley London, 25 Mei nanti? Kita saksikan bersama finalnya yang akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi SCTV. (*dari berbagai sumber)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.