Sukses

Rifat Bidik Posisi Lebih Tinggi di Seri 4 Reli Amerika

Menurut Rifat, modal podium ketiga di Oregon menjadi pemicu baginya dan navigator, Marshall Clarke (Inggris) untuk memacu mobil lebih cepat.

Pereli nasional yang tergabung di Fastron World Rally Team, Rifat Sungkar kembali bersiap untuk bertarung di seri 4 Reli STPR Amerika yang berlangsung di kawasan Susquehannock, Wellboro, Peennsylvania pada Jumat (31/5/13) sampai Sabtu (1/6/13) waktu setempat. Rifat sendiri sudah bertolak ke Amerika Serikat sejak Jumat (24/5/13) malam.

Rifat mengaku siap membidik target lebih tinggi dari podium tiga yang diperolehnya di Reli Oregon awal Mei lalu (seri 3). "Reli nanti kabarnya bakal berkarakter lebih cepat dibandingkan Oregon.Mobil saya Mitsubhisi Evo 10 sudah dipersiapkan untuk menghadapi persaingan super ketat seperti di Amerika nanti. Tampilnya sejumlah nama besar justru menjadi tantangan buat saya untuk membuktikan bahwa Indonesia bisa bersaing dengan mereka," katanya kepada media, Jumat (24/5/13) beberapa jam sebelum terbang.

Menurut Rifat, modal podium ketiga di Oregon menjadi pemicu baginya dan navigator, Marshall Clarke (Inggris) untuk memacu mobil lebih cepat menyusuri setiap Special Stage (SS) yang dimulai sejak Jumat (31 Mei). Pada hari itu, dia akan menjajal lima SS di kawasan Waste hingga Rattler. Di hari kedua pada Sabtu (1 Juni) akan melintasi 11 SS di kawasan Cedar, Randall, Lebo II hingga Fahnestock.

Rifat mengaku senang karena mobil sangat siap untuk dipakai di lomba. Menurut dia, mobil yang dipakainya saat ini merupakan yang tercepat dibandingkan mobil-mobil reli yang dipakai sebelumnya. Di Reli Amerika, mobil diberi spesifikasi yang sangat longgar seperti bisa berkapasitas mesin 2000 cc plus turbo. Tenaga mobil diprediksi mencapai 400 tenaga kuda. Berat total mobil pun lebih ringan dibandingkan yang dipakai di WRC yaitu 1330 kg.

"Bisa dibayangkan bagaimana cepatnya mobil ini. Tapi jangan khawatir, kami juga dilengkapi peralatan safety (keselamatan) dengan baik. Bahkan double dibandingkan biasanya. Seperti Roll bar khusus yang melingkari interior mobil," tutur Rifat. "Persaingan di sini tak kalah dibandingkan reli lainnya. Bahkan di fase tertentu lebih berat."

Dia akan bersaing ketat dengan 19 peserta  di nomor Open Class bersama super star Amerika Ken Block, Juara Seri Oregon-Portland David Higgins (Inggris), dan pereli unggulan Belgia David Stercks. Total peserta Reli STPR sendiri berjumlah 54 starter."Saya akan berusaha maksimal memberikan yang terbaik buat negeri ini, buat sponsor, dan tentu saja buat seluruh rakyat Indonesia yang saya cintai. Doakan saya meraih sukses lebih dari sebelumnya," tutur Rifat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini