Sukses

Neymar Ingin Lebih Jago di Eropa

Dia kini tercatat sebagai pencetak gol tersubur setelah Pele dengan 138 gol di 230 laga resmi bersama Santos.

Neymar da Silva Santos Junior atau akrab dipanggil Neymar akhirnya resmi bergabung dengan Barcelona. Kepastian soal kepindahannya itu sudah mencuat sejak Sabtu (25/5/13) lalu dan langsung membuat gempar bursa transfer.Kabarnya, Neymar akan diperkenalkan kepada publik Camp Nou 3 Juni mendatangkan. Belum jelas benar berapa nilai transfernya.

Ada yang menyebutnya diboyong 28 juta euro, 50 juta euro dan bahkan 72 juta euro. Yang pasti, kehadiran Neymar sudah membuat Real Madrid, rival Barcelona patah hati. Kekuatan finansial yang dimiliki Madrid ternyata tak mampu membuat Neymar luluh. Apa pasal?

Ini karena Neymar cinta dengan Barcelona. Mimpinya adalah bermain dengan Xavi, Iniesta dan Lionel Messi." Saya sedih karena harus meninggalkan Santos, tapi sebuah kehormatan bisa gabung dengan Barcelona dan main diantara para pemain terbaik di dunia," ujar Neymar.

Rumor Neymar ke Barcelona sudah heboh sejak dua musim terakhir. Tapi baru semusim terakhir, rumor ini menguat. Ditandai dengan rumor Barcelona yang sudah membayar uang muka sebanyak 10 juta euro Januari lalu. Neymar merupakan mutiara baru di Brasil. Dia merupakan pemain kesekian dari Brasil yang berhasil mencuat berkat talentanya dalam mengolah bola.

Di Barcelona, pemain Brasil juga datang dan pergi. Ada Romario, Rivaldo, Ronaldo, Ronaldinho dan kini Neymar. Bintang-bintang Brasil sudah tak asing dengan klub asal Katalunya ini. Siapa yang tak menginginkan Neymar? Gocekannya sangat memesona. Dia mengingatkan kepada empat pemain Brasil yang sudah merumput di Barcelona. Juga mungkin Robinho yang lebih suka gabung Madrid pada musim 2005-2008.

Di Santos, Neymar digadang-gadang menjadi salah satu pemain yang sukses setelah era Pele di 1970-an. Dia membantu Santos memenangi Piala Brazil di 2010, Libertadores (2011) dan tiga kali beruntun juara Paulista. Dia kini tercatat sebagai pencetak gol tersubur setelah Pele dengan 138 gol di 230 laga resmi bersama Santos. Sebelum rampungnya transfer Neymar ini, kepindahannya ke Barcelona sempat tarik ulur.

Di Brasil, banyak yang menyarankannya tidak pindah kemana-mana sebelum Piala Dunia 2014. Namun, ada pula yang menyarankannya agar pindah ke Eropa sebelum Piala Dunia. Ini dimaksudkan agar Neymar bisa lebih jago dan kompetitif ketika bermain di Eropa. David Luiz, bek Chelsea salah satunya yang menyarankan agar pemain berusia 21 tahun ini pindah ke Eropa.

"Neymar pemain hebat. Saya bilang ke dia untuk mengikuti kata hatinya. Dia butuh pindah ke Eropa karena bisa mengoptimalkan potensinya. Di Eropa, dia bisa mempelajari soal taktik berbeda dan memperbaiki penampilan," ujar bek berambut kriwil ini.

Kini banyak pula dipertanyakan, apakah Neymar bakal sukses di Barcelona? Banyak yang ragu, gaya bermain Neymar yang lebih suka dribel bola sendirian pas dengan gaya tiki-taka milik Barcelona. Namun, Tito Vilanova, pelatih Barcelona langsung menampik ini. Dia dengan jujur mengatakan, bakal membantu Neymar untuk beradaptasi. Ide besar Barcelona ada di balik transfer Neymar ini.

"Los Azulgrana" menginginkan alternatif pembobol gawang lain selain Lionel Messi.Hampir di lima musim terakhir, Barca sangat bergantung kepada Messi. Inilah mengapa Neymar dirasakan sangat dibutuhkan. Kehadiran Neymar juga bisa menghadirkan alternatif gaya permainan. Dengan kecepatan dan dribling yang dimiliknya, Barcelona bisa menggunakan strategi serangan balik.

Neymar paling mungkin ditempatkan di posisi kiri, Messi di tengah dan Pedro Rodriguez atau Alexis Sanchez di kanan. Beberapa pemain tentu bakal menjadi korban dengan kedatangan Neymar. Diantaranya adalah David Villa dan Cristian Tello. Jadi seperti apa Neymar nanti? pantas ditunggu penampilannya musim depan! (Berbagai Sumber)

                                                      Statistik Neymar di Santos
Klub Musim League State League Cup Continental Intercontinental Total
Tmp Gol Tmp Gol Tmp Gol Tmp Gol Tmp Gol Tmp Gol
Brazil Brasileirao Paulista Copa Brasil Copa Libertadores Piala Dunia Klub Total
Santos 2009 33 10 12 3 3 1 – – 48 14
2010 31 17 19 14 8 11 2 0 – 60 42
2011 21 13 11 4 – 13 6 2 1 47 24
2012 17 14 16 20 – 14 9 – 47 43
2013 1 0 18 12 4 1 – – 23 13
Total 103 54 76 53 15 13 29 15 2 1 225 136
*ket: Tmp= Tampil

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini