Sukses

Rafid Topan Genjot Latihan Fisik Jelang Moto 2 Mugello

Semua pembalap dituntut bekerja lebih keras agar dapat fokus dan memberi reaksi optimal dalam menaklukan sirkuit dengan lintasan lurus yang panjang dan tikungan yang lebar.

Pembalap QMMF Racing Team, Rafid Topan Sucipto yang disponsori Evalube terus antusias menyambut pengalamannya membalap di Moto 2. Menghadapi seri kelima Moto 2 di Mugello Italia, Minggu (2/6/13), Rafid terus menggenjot fisik agar bisa lebih optimal saat bertarung dengan pembalap lain.

Apalagi trek di Sirkuit Mugello merupakan salah satu sirkuit tersulit di dunia. Semua pembalap dituntut bekerja lebih keras agar dapat fokus dan memberi reaksi optimal dalam menaklukan sirkuit  lintasan lurus yang panjang dan tikungan yang lebar. Tentunya, dibutuhkan skill dan ketahanan fisik yang prima agar pembalap dapat tampil kompetitif, saat lomba sehingga tidak mudah melorot di pertengahan balapan.

Maka itu, pembalap dengan nomor 97 itu dituntut memiliki fisik yang kuat. Fisiknya dinilai masih belum cukup mendukung untuk tampil kompetitif. "Fisik itu adalah hal yang paling utama dalam balapan. Power besar yang keluar dari motor, butuh durabilitas fisik jika bertarung lebih dari 20 lap. Hal ini juga yang mengharuskan seorang pembalap harus lebih matang dari sisi fisik," ujar manajer pribadi Rafid Topan, Dyan Dilato.

"Nah, sekarang dia sedang memperbanyak  latihan di gym dan latihan motocross. Jika ia bisa rutin melakukan hal tersebut disertai dengan mengasah skill dan feeling di track, maka setahap demi setahap hasil bisa diperbaiki. Tapi untuk bisa bersaing di lini terdepan, butuh waktu paling tidak 3 tahun. Lihat aja Marc Marquez yang harus berlaga dari bawah," tambah Dilato yang juga mantan pembalap.

Untuk mengetahui sejauh mana peningkatan fisik dan skill Topan dari waktu ke waktu, ia akan tetap berduel dengan rekan setimnya yaitu Anthony West menjalani sesi latihan. Dengan begitu ia bisa membandingkan sampai dimana peningkatan fisiknya memenuhi batas ideal untuk tampil kompetitif. Kebetulan, West lebih senior. Bahkan, West pernah ikut Moto GP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.