by

Brasil vs Inggris: Bukan Sekadar Ujicoba

  • Prediksi
  • 0
  • 01 Jun 2013 21:27
Brasil akan menjamu Inggris dalam laga persahabatan yang digelar di Stadion Maracana, Ahad (2/6/13) malam WIB. Laga ujicoba ini akan menjadi tolak ukur kesiapan skuat Luiz Felipe Scolari untuk menghadapi Piala Konfederasi yang akan digelar 15-30 Juni mendatang. Namun yang lebih penting adalah persiapan jelang Piala Dunia 2014.

Publik tidak akan menerima hasil selain gelar juara dunia keenam yang akan tergelar sekitar setahun lagi. Akan tetapi, Selecao mesti bersusah payah untuk mendapatkan dukungan. Serangkaian hasil tidak meyakinkan dicatat tim Samba kendati sebagian besar dari uji coba belaka.

Pada laga persahabatan empat bulan lalu di Wembley, Brasil ditaklukkan tuan rumah Inggris 2-1. Neymar dan kawan-kawan hanya imbang masing-masing melawan Italia (2-2) dam Rusia (1-1). Hasil imbang juga didapat saat menjamu Cili di kandang yang berujung cemooh dari para pendukung. Kemenangan hanya didapatkan atas Bolivia.

Namun kini tim Kuning Biru telah melakukan beberapa perubahan. Saat ini di Brasil terdapat empat pemain muda berusia 20 tahunan. Empat pemain tersebut adalah Leandro Damiao (International), Bernard (Atletico Mineiro), Fernando (Gremio) dan Neymar yang kini hijrah ke Barcelona dari klub lamanya Santos.

Namun empat nama tersebut bukan sebuah jaminan Brasil akan menang. Manajer Inggris Roy Hodgson membawa tim terkuatnya. Inggris akan mengandalkan duet penyerang Wayne Rooney dan Jermain Defoe setelah Daniel Sturridge mengalami cedera pada laga persahabatan kontra Irlandia. Di tengah ada Frank Lampard yang rajin mencetak gol.

Dalam pertemuan terakhir di Wembley pada awal Februari, lnggris menang kendati Brasil unggul lebih dulu. Tim Tiga Singa pun berambisi menjaga konsistensi walau akan lebih letih setelah melakoni uji coba kontra lrlandia empat hari sebelum laga ini. Keunggulan fisik plus ini membuat Brasil lebih diunggulkan. Tak heran jika sampai kalah, skuat Scolari akan makin tersudut.

Bila ingin memenangi pertandingan, Hodgson perlu memikirkan strategi yang jitu untuk membalikkan prediksi. The Three Lions tentu membutuhkan Lampard yang sering kali menjadi pahlawan bagi Inggris. Pengalaman dan ketenangan pemain Chelsea ini sangat dibutuhkan dalam pertandingana yang menentukan.

Dari lima pertandingan Brasil, mereka hanya mencatat satu kemenangan satu kali kalah dan tiga kali seri. Peforma Brasil saat ini memang sedang menurun, Di pertandingan terakhir, mereka gagal mengalahkan Italia meskipun pada babak pertama mereka sempat unggul 2-0 terlebih dahulu. Brasil kini mengalami rekor terendah mereka dalam peringkat FIFA yakni posisi 19 dunia.

Head to head :
07 Feb 2013 (PUC) Inggris 2 - 1 Brasil
15 Nov 2009 (PUC) Brasil 1 - 0 Inggris

Lima Pertandingan Terakhir Brasil:
25 Apr 2013 (PUC) Brasil 2 - 2 Cili
07 Apr 2013 (PUC) Bolivia 0 - 4 Brasil  
26 Mar 2013 (PUC) Brasil 1 - 1 Rusia  
22 Mar 2013 (PUC) Italia 2 - 2 Brasil  
07 Feb 2013 (PUC) Inggris 2 - 1 Brasil  

Lima Pertandingan Terakhir Inggris:
30 Mei 2013 (PUC) Inggris 1 - 1 Irlandia
27 Mar 2013 (PPD) Montenegro 1 - 1 Inggris
23 Mar 2013 (PPD) San Marino 0 - 8 Inggris  
07 Feb 2013 (PUC) Inggris 2 - 1 Brasil
15 Nov 2012 (PUC) Swedia 4 - 2 Inggris
Comments
Sign in to post a comment