Jacksen Jelaskan Kenapa Tak Beri Latihan Teknik pada Timnas

  • Liga Indonesia
  • 0
  • 02 Jun 2013 23:20

persiapan-timnas-130602c.jpg
Timnas Indonesia akan menghadapi Belanda dalam laga ujicoba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 7 Juni mendatang. Jacksen F. Tiago yang ditunjuk menjadi pelatih Timnas Merah Putih mengaku sudah memiliki gambaran strategi yang akan dipersiapkan saat menghadapi Robin van Persie dan kawan-kawan.

"Saya tidak akan memberi latihan teknik dan taktik lagi, tapi langsung masuk pada strategi. Kami ingin tim ini memiliki keseimbangan menyerang dan bertahan. Seperti itu yang akan saya bangun di timnas nanti," ujar Jacksen saat jumpa wartawan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Ahad (2/6) petang.

Pelatih asal Brasil tersebut mengaku ini sudah melihat rekaman pertandingan De Oranje, antara lain saat lawan Italia, Jerman, dan Rumania. Pria yang melatih Persipura Jayapura ini merasa sebagai pelatih paling bahagia karena menangani timnas yang akan menghadapi tim besar, Belanda, Liverpool, Chelsea dan Arsenal.

Jacksen menyebutkan kalau dirinya akan meminta pendapat kepada dua pemain naturalisasi yang dipanggil untuk memperkuat skuat Garuda yakni Sergio van Dijk dan Raphael Maitimo. Keduanya berasal dari Negeri Kincir Angin. Sehingga dipastikan mereka mengetahui pola dan kebiasaan permainan tim-tim Belanda.

Belanda kemungkinan akan diperkuat Van Persie, Arjen Robben, Dirk Kuyt, dan Wesley Sneijder. "Sangat gampang mendapat informasi pemain-pemain Belanda, ini juga akan menjadi refrensi bagi saya. Saya juga akan komunikasi dengan Sergio dan Maitimo untuk membicarakan strategi biar dapat sebuah gambaran," terang Jacksen.

Menurut Jacksen laga lawan Belanda menjadi ujian sebelum menjalani laga Pra-Piala Asia (PPA) menghadapi China pada Oktober mendatang. Karena itu, pihaknya memanggil pemain yang dianggap terbaik. Namun, Jacksen mengaku sering mendapat kritik lantaran sejumlah nama belum layak berkostum Garuda seperti kiper Andritany Adhyaksa.

"Saya tidak buta dengan pemain-pemain di Indonesia. Banyak yang bagus, tapi belum bisa bergabung timnas. Mungkin buat beberapa orang, mereka agak kecewa. Tapi saya rasa komposisi pemain ini yang terbaik dan lawan Belanda menjadi sebuah eksperimen," beber eks pelatih Sriwijaya tersebut.(LI)

Baca juga:
* Ini Alasan Jacksen Tak Panggil Pemain Langganan Timnas
* Rossi Maafkan Kelalaian Bautista
* Senggol Motor Rossi, Bautista Tak Merasa Salah
* Serangan Terakhir Mourinho Terhadap Media Spanyol
* Perez: Mourinho Alami Kekerasan Personal
* Paulinho Selamatkan Brasil dari Kekalahan Lawan Inggris
* Presiden Inter Ragukan Keseriusan Investor Indonesia
Terpopuler