Sukses

Misi Ganda Italia

Pasukan Cesare Prandelli wajib memetik poin penuh karena akan berarti ganda.

Italia akan berlaga di Piala Konfederasi pertengahan bulan Juni ini. Sebelum terjung di ajang tersebut, Italia masih punya satu tugas. Mereka harus meladeni tuan rumah Republik Ceko Jumat (7/6) nanti. Laga ini tak kalah penting karena merupakan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Saat ini Italia berada di posisi teratas klasemen Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa. Mereka mengemas 13 poin dari lima laga dan unggul tiga angka dari Bulgaria yang sudah main enam kali. Ceko sendiri berada di posisi tiga dengan delapan poin dari lima pertandingan.

Pasukan Cesare Prandelli wajib memetik poin penuh karena akan berarti ganda. Tambahan tiga poin akan membuat peluang Italia lolos ke Brasil semakin terbuka lebar dan juga menambah kepercayaan diri di Piala Konfederasi.

Untuk menghadapi Ceko, Prandelli akan mengandalkan pemain-pemain yang dibawa Piala Konfederasi. Prandelli sudah menyimpan beberapa pemain pilarnya seperti Mario Balotelli dan Andre Barzagli saat melawan San Marino pada laga uji coba. Keduanya diharapkan bisa fit 100 persen saat dijamu Ceko.

Prestasi Ceko akhir-akhir ini memang sedang menurun. Namun Italia tetap harus waspada. Kiper sekaligus kapten tim Gianluigi Buffon sudah memperingatkan rekan-rekan setimnya untuk tidak menganggap remeh Ceko. "Ceko adalah salah satu tim yang anda harus kalahkan karena mereka tidak akan memberi anda apa-apa," ucap pemain Juventus itu.

Bukan perkara mudah bagi Italia untuk meraih poin penuh di Generali Arena, Praha. Pasalnya rekor pertemuan Italia dengan Petr Cech cs tidak terlalu baik.

Gli Azzurri sudah empat kali bertemu Ceko dimana mereka cuma sekali menang. Ceko berhasil menekuk Italia dua kali dengan satu laga lainnya berakhir imbang. Kedua tim terakhir bertemu pada Piala Dunia 2006. Saat itu Italia menang 2-0 lewat gol Marco materazzi dan Filippo Inzaghi, yang mana keduanya kebetulan sudah pensiun.

Sementara itu tim asuhan Michal Bilek sendiri berambisi meraih poin penuh untuk memberikan sedikit hiburan bagi warga Ceko yang sedang dilanda bencana banjir. Kemenangan juga diperlukan untuk menjaga peluang lolos ke Piala Dunia 2014.

Peluang Ceko lolos ke Brasil menipis setelah ditahan imbang Bulgaria dan kalah dari Denmark di dua laga kandang terakhir. Untungnya, pada laga terakhir Ceko sukses menang tandang 3-0 kala dijamu Armenia.
 
Laga Ceko melawan Italia di Praha diperkirakan akan tetap berjalan sesuai jadwal meski banjir masih terjadi di beberapa wilayah. Skuat terbaik yang dimiliki Prandelli membuat Italia kemungkinan bisa membawa pulang poin penuh dengan kemenangan tipis.

Lima Pertandingan Terakhir Republik Ceko:

26 Mar 2013: Armenia 0-3 Republik Ceko (PPD 2014)
23 Mar 2013: Republik Ceko 0-3 Denmark (PPD 2014)
07 Feb 2013: Turki 0-2 Republik Ceko (Ujicoba)
14 Nov 2012: Republik Ceko 3-0 Slowakia (Ujicoba)
17 Okt 2012: Republik Ceko 0-0 Bulgaria (PPD 2014)

Lima Pertandingan Terakhir Italia:

01 Jun 2013: Italia 4-0 San Marino (Ujicoba)
27 Mar 2013: Malta 0-2 Italia (PPD 2014)
22 Mar 2013: Italia 2-2 Brasil (Ujicoba)
07 Feb 2013: Belanda 1-1 Italia (Ujicoba)
15 Nov 2012: Italia 1-2 Prancis (Ujicoba)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/11mbwDY">Wow, Barca Habiskan Rp 2,6 T Cari Tandem Messi</a>
* <a href="http://bit.ly/120MSOg">Mourinho Siap Depak Dua Pemain asal Spanyol</a>
* <a href="http://bit.ly/14idCsO">Setan Merah Coba Boyong Pemain Muda Belanda</a>
* <a href="http://bit.ly/1108Vjk">Nih Kostum Kandang MU Musim Depan</a>
* <a href="http://bit.ly/18Yq7xl">Satu Lagi Pemain Belakang Chelsea Diminati Monaco</a>
* <a href="http://bit.ly/10Rxl1P">Arsenal Lepas Tiga Pemainnya</a>
* &lt;a href="http://bit.ly/15Lw9h1"&gt;Adu Hebat Cech dan Buffon&lt;/a&gt;

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.