Sukses

De Oranje Jalani Latihan Ringan Dalam Udara Panas Jakarta

Timnas Belanda melakukan latihan terakhirnya di Stadion GBK, Kamis 6 Juni malam WIB. De Oranje hanya menjalani latihan ringan.

Tim Nasional Belanda, Kamis (6/6/2013) menjalani latihan terakhir jelang lawan Timnas Indonesia. Laga ujicoba itu akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat 7 Juni esok. Dalam latihan kali ini, De Oranje hanya melakukan latihan ringan.

Timnas Belanda tiba di lapangan sekitar 20.00 WIB. Kedatangan Robin van Persie dan kawan-kawan disambut secara meriah oleh para suporter yang telah menunggu mereka sekitar satu jam.

"Van Persie, Robben, Sneijder....," teriak para suporter yang mayoritas menggunakan jersey Belanda itu.

Selang beberapa menit, peramu strategi Timnas Belanda Louis van Gaal meminta anak asuhannya berkumpul. Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu terlihat memberikan instruksi kepada Robin van Persie dkk. Lalu, ia menyuruh anak asuhannya melakukan pemanasan seperti berlari dan peregangan otot.

Usai pemanasan, De Oranje melakukan latihan operan-operan pendek. Lalu Van Gaal membagi timnya menjadi dua grup. Salah satu grup itu mengenakan rompi oranye. Para pemain yang memakai rompi oranye harus merebut bola dari kaki pemain grup lain. Sementara tiga penjaga gawang berlatih mengantisipasi tendangan dari luar kotak penalti.

Latihan terakhir itu pun hanya berlangsung satu jam. Sebelum mengakhiri latihan, timnas Negeri Kincir Angin itu kembali berlari dengan mengelilingi lapangan satu kali. Selanjutnya, semua pemain kembali melakukan peregangan otot. Mereka pun sempat melambaikan tangan ke arah para suporter sebelum masuk ke ruang ganti pemain.

Selama sesi latihan, kilatan lampu kamera dari arah tribun barat yang dihuni para suporter Timnas Belanda seolah tak pernah berhenti berkedip. Tak hanya itu, mereka juga tak pernah berhenti menyebut para pemain idolanya seperti Van Pesie dan Robben.

Gelandang Arjen Robben menjalani latihan penuh bersama tim De Oranje di sesi latihan Kamis malam. Sebelumnya pada latihan Rabu 5 Juni malam WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pemain Bayern Muenchen itu hanya mengikuti peregangan dan tidak melahap materi inti latihan yang diberikan pelatih Louis van Gaal. Robben disebut-sebut sedang mengalami cedera otot. Tapi dalam perkembangannya, pencetak gol kemenangan pada laga final Liga Champions itu dinyatakan fit oleh sang pelatih. Kemungkinan Robben bakal dimainkan penuh.

Pada sesi latihan Kamis malam, Robben bersama pemain lain seperti Robin van Persie dan Wesley Sneijder terlihat antusias dan bersemangat. Ia pun melahap semua materi latihan, seperti simulasi kerjasama segitiga dan gim kecil dengan bola.

Latihan Kamis malam terlambat satu jam dari jadwal semula. Meski begitu, para penggemar sepakbola yang memadati tribun barat GBK tidak kehilangan antusiasme sedikit pun.

Pertandingan Indonesia melawan Belanda berlangsung 7 Juni mendatang di GBK. Pertemuan Timnas Indonesia dan Belanda secara resmi kali ini merupakan yang pertama kali sepanjang sejarah. Belanda saat ini menduduki peringkat ke-5 dunia versi ranking FIFA, sementara Timnas Indonesia berada di posisi ke-170. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini