Sukses

Target Empuk Burkina Faso

Pada pertemuan pertama, Burkina mampu menghantam Niger 4-0 di Ouagadougou.

Runner up Piala Afrika, Burkina Faso mengincar kemenangan besar saat dijamu Niger pada kualifikasi Piala Dunia zona Afrika grup E di Stadion General Seyni Kountche, Minggu (9/6/13) malam WIB. Pada pertemuan pertama, Burkina mampu menghantam Niger 4-0 di Ouagadougou.
 
Saat itu, Burkina Faso menggamit tiga poin pertama. Gol dicetak jonathan Pitroipa, Aristide Bance, Charles Kabore dan Preuce Nakoulma. Kemenangan menjadi penting karena  ingin mengejar poin yang sudah dimiliki Kongo, saat ini memimpin klasemen grup E.

Burkina Faso harus kehilangan satu poin ketika jumpa Kongo karena menampilkan pemain yang tak terdaftar, Herve Zengue kala itu. FIFA pun memberikan Congo tiga poin. Kasus ini sungguh membuat peluang mereka menjadi sangat sulit untuk lolos ke Piala Dunia 2014.

Kini selain menang, Burkina juga harus berharap Gabon bisa menahan Kongo di laga kualifikasi lainnya. Meski menduduki posisi dua, tapi itu belum cukup untuk lolos ke Piala Dunia. Mengejar posisi dua terbaik berarti Burkina pun harus maksimal merebut poin di laga tersisa pada grup ini.

Sementara itu, Niger berada di posisi tiga klasemen. Tiga poin yang direbutnya saat ini juga karena hadiah tiga poin. Ini setelah Gabon menurunkan pemain yang tak terdaftar, Charly Moussono ketika kedua tim bertemu. Wah, rumit sekali laga kualifikasi di Afrika ini. Dengan poin sama, Niger pun tentu tak mau mengalah dari Burkina Faso.

Apalagi, mereka tampil di kandang. Niger biasanya tampil bagus di kandang dan tentu sangat termotivasi untuk membalaskan kekalahan besar di kandang Burkina Faso lalu. (Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini