Sukses

Kongo Loloskan Diri dari Babak Penyisihan

Kongo akhirnya menyusul Zambia dan Ghana lolos dari babak penyisihan kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Afrika.

Kongo kian dekat dengan Piala Dunia 2014. Meski ditahan imbang tanpa gol oleh Gabon pada Sabtu (8/6/13), Kongo tetap kokoh di puncak klasemen grup E babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Afrika.

Dari empat laga, Kongo sudah mampu meraih 10 poin. Nilai mereka unggul enam angka dari Gabon yang ada di posisi kedua. Sementara dengan Burkina Faso dan Niger, poin Kongo unggul tujuh angka. Dengan dua laga tersisa, mustahil bagi tiga negara tersebut menyusul perolehan poin Kongo.

Di tempat berbeda, Zambia tampil luar biasa. Bermain di Levy Mwanawasa Stadium, Sabtu (8/6/13), Zambia menghajar Leshoto 4-0. Gol-gol Zambia dicetak oleh Jacob Mulenga (menit 36 dan 64), Christopher Katongo (menit 61), dan Collins Mbesuma (menit 83).

Dengan raihan positif tersebut, Zambia berhak memucaki klasemen grup D babak kualifikasi Piala Dunia zona Afrika. Untuk sementara mereka telah mendapatkan 10 poin. Di posisi dua ada Ghana yang kian mengancam dengan selisih satu angka.

Kendati demikian, Zambia dan Ghana sudah dipastikan lolos dari babak penyisihan grup. Sebab, dua negara lainnya yakni Leshoto dan Sudan tak dapat lagi mengejar raihan poin dua tim teratas. Di dua kesempatan terakhir, Leshoto hanya mampu mengantungi dua poin. Sedangkan Sudan, mereka baru bisa meraih satu poin.(Van)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.