Sukses

Pembalap Iran Juara TdS 2013

Ghader Mizbani menjuarai kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2013.

Ghader Mizbani menjuarai kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2013. Pembalap asal Iran itu berhasil mencatatkan waktu 26.07.55 untuk menempuh jarak sejauh 1.057 kilometer yang berakhir di Padang. Pembalap Tabriz Petrochemical Cycling Team (TPT) ini tidak membutuhkan kemenangan dari tujuh etape yang digelar. Prestasi terbaik Mizbani adalah menjadi juara dua etape kelima. Di enam etape lainnya Ghader hanya beberapa kali masuk 10 besar.

Meski tidak mampu menjadi yang terbaik pada setiap etape, Ghader berperan dalam mendukung rekan setimnya merebut juara etape. Terbukti rekan satu timnya menang di etape pertama lewat Hossein Askari dan etape tujuh oleh Mehdi Sohrabi.

Aura kemenangan Ghader sebenarnya sudah terlihat sejak etape enam karena sudah memiliki selisih waktu lebih dari lima menit dengan pembalap di bawahnya yaitu Johan Coenen dari Team Differdange-Losch Luxemburg.

Dengan selisih waktu yang jauh, Ghader terlihat bermain aman di etape tujuh. Dia terus di rombongan besar yang di dalamnya terdapat pembalap nomor dua yaitu Johan Coenen dan rekan satu timnya yang berada di nomor tiga yaitu Amir Kolahdozhagh.

Bermodal pengalamannya yang sering turun di Indonesia, juara Tour d'Indonesia 2005 ini tetap tenang meski beberapa pembalap yang ada di belakangnya terus menekan. Akhirnya Ghader mampu finis dengan baik di depan Kantor Gubernur Sumatra Barat.

Tour de Singkarak 2013 terbagi dalam tujuh etape. Sebanyak 17 kabupate/kota yang ada di Sumatra Barat dilintasi oleh pebalap dari 21 tim baik lokal maupun internasional. Para pebalap memperebutkan hadiah yang mencapai jumlah Rp 1,2 miliar. (Ant/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini