Sukses

Belajar Bahasa Jerman, Guardiola Seperti Orang Gila

Pep Guardiola menghabiskan waktu empat jam untuk belajar bahasa Jerman. "Empat jam setiap hari, seperti orang gila," kata Pere Guardiola.

Setelah cuti dari sepakbola selama satu musim, Pep Guardiola akan menggantikan Jupp Heynckes sebagai pelatih Bayern Muenchen mulai musim 2013-2014. Salah satu yang dipersiapkan Guardiola itu atas tugas barunya adalah mempelajari Bahasa Jerman.

Menurut Pere Guardiola, kakak sekaligus agennya, mantan pelatih Barcelona tersebut menghabiskan waktu empat jam dalam sehari untuk belajar bahasa Jerman. "Pep telah mempelajari seperti biasa, obsesif, empat jam setiap hari, seperti orang gila," kata Pere kepada majalah Jerman, Der Spiegel, baru-baru ini.

Guardiola telah mengikuti les privat bahasa Jerman sejak November lalu ketika masih tinggal di New York, Amerika Serikat. Guru privat itu dibawanya saat kembali ke Barcelona untuk liburan Paskah.

"Ini tidak masuk akal. Anda bertemu saudaramu untuk makan siang dan pria itu berbicara Bahasa Jerman terus menerus dengan gurunya," ucap Pere.

"Akankah konferesi pers pertamanya di Muenchen menggunakan Bahasa Jerman? Ia akan melakukannya. Pep adalah sosok yang keras kepala," tambah Pere.

Guardiola memang harus menguasai Bahasa Jerman untuk melatih Muenchen. Selain bahasa Spanyol, ia juga fasih berbahasa Catalan. Ia sempat mempelajari Bahasa Inggris sejak masa sekolah. Saat bermain untuk AS Roma dan Brescia, Guardiola juga mempelajari Bahasa Italia.(FE)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.