Sukses

Jacksen: Waktu Persiapan Ideal Timnas 7-10 Hari

Pelatih Timnas Indonesia asal Brasil mengaku akan terus mencari pemain terbaik guna menghadapi China di kualifikasi Piala Asia.

Timnas Indonesia sama sekali tak melakukan persiapan cukup untuk menghadapi Belanda di laga persahabatan, Jumat 7 Juni 2013. Karenanya bisa diterima ketika Tim Merah Putih ditekuk finalis Piala Dunia 2010 Belanda 0-3. Selain itu, juga karena beda kelas antara kedua tim. Tapi di luar persoalan tersebut, kekalahan ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi timnas dalam menghadapi target sebenarnya kualifikasi Piala Asia 2015.

Pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F Tiago punya target waktu ideal untuk melakukan persiapan. "Kami masih punya tiga laga ujicoba lagi sebelum menghadapi China. FIFA punya ketetapan soal berapa hari waktu persiapan. Saya pikir jangka waktu 7-10 hari sudah cukup untuk menghadapi China," katanya.

Jacksen memaklumi jika timnas masih punya banyak kelemahan. Satu hal yang selalu saja menerpa timnas adalah soal antisipasi umpan-umpan silang.

"Kita sudah mencoba untuk mematikan umpan-umpan silang pemain Belanda. Itu ampuh di babak pertama, tapi tidak di babak kedua. Semua butuh proses," tuturnya.

Pelatih timnas asal Brasil ini juga mengaku akan terus mencari pemain terbaik guna menghadapi China di kualifikasi Piala Asia. Maka itu, bakal selalu ada kemungkinan untuk mengganti pemain yang terpilih sekarang.

"Saya bilang misalnya ke pemain naturalisasi jika peluang untuk rotasi pemain ada. Masih ada Lilipaly, Irfan Bachdim, Diego Michiels. Peluang untuk dipanggil itu selalu ada," ujar Jacksen mengaku. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.