Sukses

Belanda Menang Dua Gol Tanpa Balas Atas China

Belanda berhasil menaklukkan China dengan skor 2-0 di Workers Stadium, lewat gol Robin van Persie dan Wesley Sneijder.

Belanda kembali sukses meraup kemenangan pada tur ke Asia musim panas kali ini. Menghadapi timnas Cina di Workers Stadium, Beijing (11/6/13), De Oranje menang lewat skor 2-0. Gol diciptakan Robin van Persie dan Wesley Sneijder.

Perubahan signifikan diusung pelatih Belanda, Louis van Gaal dibanding laga melawan Indonesia, pekan lalu (8/6/13). Dia memainkan Arjen Robben sejak awal dan mencadangkan Wesley Sneijder. Baru 11 menit pertandingan berlangsung, Robin van Persie membuka keunggulan timnya.

Lewat eksekusi penalti, bomber Manchester United itu menaklukkan kiper China, Zeng Cheng.  Hukuman penalti ini bermula dari ganjalan Zhang Linpeng terhadap Arjen Robben.

Van Persie, yang kembali menjadi kapten Belanda, sukses menjadi algojo. Ini adalah gol ke-35 RvP bagi Oranje sekaligus menempatkan sang striker Manchester United itu berada di posisi ketiga sebagai pencetak gol terbanyak Belanda sepanjang masa, di bawah Patrick Kluivert (40) dan Dennis Bergkamp (37).

Tiga menit berselang terjadi petaka bagi Cina, ketika gelandang Qin Sheng terpaksa dikartu merah wasit. Ini setelah dia melanggar keras Jonathan De Guzman tepat di depan kotak penalti. Para staf dan pemain di bangku cadangan Cina sempat protes, namun hal itu tidak mengubah keputusan sang pengadil. Untungnya, tendangan bebas De Guzman ke tiang dekat berhasil ditepis Zeng Cheng.

Sejak gol tersebut, tempo pertandingan berjalan lamban, tetapi Cina hampir saja mencetak gol lewat kapten Zheng Zi. Meski bermain minus satu pemain, Cina memiliki pertahanan yang bagus dan bahkan beberapa kali terlihat menguasai jalannya pertandingan. Menjelang babak pertama berakhir, masing-masing Robben dan Van Persie gagal memaksimalkan peluang yang ada.

Di babak kedua, praktis permainan menjadi milik Belanda. Peragaan serangan bertubi-tubi dilancarkan Oranje untuk menggempur pertahanan Cina. Misalnya di menit ke- 50, Jeremain Lens hampir menggandakan keunggulan seandainya penyerang sayap PSV Eindhoven ini lebih tenang dalam situasi one on one.

Tak selang berapa menit kemudian, Cina juga mendapatkan peluang. Namun tendangan mendatar terarah yang dilepaskan pemain pengganti Yu Dabao masih mampu ditahan Michel Vorm.

Pada menit ke- 66, segalanya tampak baik bagi Belanda dan juga terhadap Wesley Sneijder, pemain yang kehilangan ban kapten Belanda dalam dua pertandingan terakhir. Umpan crossing Robben berhasil diceploskan Sneijder dengan tendangan setengah salto. Gelandang Galatasaray ini sanggup mencetak gol menggunakan tumitnya sambil membalikkan badan.

Kedudukan 2-0 ini membuat Belanda mengendurkan serangan. Tidak ada peluang-peluang berbahaya yang dilancarkan tim Negeri Kincir Angin itu di samping benteng pertahanan Cina cukup kokoh membendungnya.

Di sisi lain, usaha Negeri Tirai Bambu untuk setidaknya memperkecil ketinggalan harus pupus usai wasit Chris Beath asal Australia meniupkan peluit panjangnya. Hasil ini menutup tur Asia Belanda dengan sempurna usai sebelumnya mengalahkan Indonesia lewat skor cukup telak 3-0.

Susunan Pemain:

Cina:
Zeng Cheng; Sun Xiang/Zheng (58), Feng Xiaoting, Li Xuepeng/Zhou Yun (71), Zhang Linpeng, Yu Hai, Zheng Zhi/Yu Hanchao (58), Zhao Xuri, Qin Sheng, Gao Lin/ Yu Dabao (71), Sun Ke/ Wu Lei (86)

Belanda:
Vorm; Heitinga, Vlaar, Tiendalli/Janmaat (46), Nelom/E pieters (46); De Guzman, Toornstra/Sneijder (46), De Jong/ Dirk Kuyt (70); Lens/Schaken (70), Van Persie, Robben.





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.