by

Hadiah Besar di Kejuaraan Dunia Karate di Jakarta

  • Liga Dunia
  • 0
  • 12 Jun 2013 17:17
Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) kembali mendapat kepercayaan dari Federasi Karate Dunia (WKF) untuk menggelar Kejuaraan Dunia Karate WKF Premier League 2013. Event kali ini akan digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 22-23 Juni 2013.

Dari 7 negara tuan rumah WKF Premier League tahun ini, Indonesia menjadi satu-satunya negara asal Asia. Sementara enam negara tuan rumah lain berasal dari Eropa.

Indonesia merupakan tuan rumah keempat penyelenggaraan WKF Premier League 2013 setelah Paris, Prancis (Januari), Dordrecht, Belanda (Maret), dan Tyumen, Rusia (April). Sedangkan tiga event lainnya digelar di Istanbul, Turki (September), Hanau, Jerman (September), dan Salzburg, Austria (Desember).

“Kami sangat bangga kembali bisa menggelar WKF Premier League lagi setelah kesukesesan WKF Premier League 2012. Bahkan, kami juga sudah mendapatkan hak penyelenggaraan Premier League 2014. Jelas, ini kehormatan besar bagi Indonesia karena terus mendapatkan kepercayaan WKF,” ujar Ketua Umum PB Forki Hendardji Soepandji dalam rilis Forki yang diterima Liputan6.com.

Menurut Hendardji, selain kerja keras Forki dalam melakukan lobi internasional, dukungan pemerintah dan bapak angkat karate, Bank BRI, menjadi pendorong terselenggaranya kejuaraan dunia ini.

”Karena itu, kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah dan Bank BRI yang telah mendukung Forki selama ini. Bagi kami, event ini adalah event bangsa, jadi kami harus all-out dalam menggelar event ini,” tambah Hendardji.

Khusus Bank BRI, ini merupakan tahun ketiganya menjadi bapak angkat karate sejak persiapan SEA Games 2011 Jakarta-Palembang atau tahun keempat menjadi pendukung utama karate Indonesia sejak Indonesia Open 2010. Karena itu, peran bank BUMN tersebut sangat membantu kemajuan karate Indonesia.   

Antusiasme karateka dunia juga sangat besar terhadap event ini. Sampai Senin (10/6), sudah 184 karateka terbaik dari 27 negara memastikan hadir. Diperkirakan jelang hari H, peserta akan lebih banyak lagi. Apalagi, Jepang yang tahun menempati posisi runner-up di WKF Premier League 2012, belum mengirimkan tim nasional mereka. Tahun lalu, mereka hadir dengan 13 karateka terbaiknya.

Begitu juga juara umum Iran belum mendaftarkan karateka nasional mereka. Padahal, tahun lalu mereka mengirimkan 38 karatekanya. Tercatat baru satu karateka Iran dari salah satu klub di sana yang tercatat di pendaftaran WKF.

”Kami optimistis peserta yang hadir akan lebih banyak dari tahun lalu. Biasanya pendaftaran terbesar terjadi menjelang penutupan pendaftaran. Jadi, masih ada cukup untuk mendapat tambahan peserta,” ujar Ketua Panitia Iwan Setiawan.

Pada penyelenggaraan sebelumnya di Tennis Indoor, Jakarta, 23-24 Juni 2012, WKF Premier League diikuti 325 karateka dari 32 negara berasal dari  lima benua. Itu artinya, antuasiasme karateka internasional begitu besar terhadap penyelenggaraan kejuaraan karate profesional ini.  

Iwan optimistis peserta tahun akan akan mencapai 500 karateka dari 50 negara yang akan tampil di 12 nomor perseorangan dan 2 nomor beregu. Apalagi, hadiah yang disiapkan 50 persen lebih besar dari tahun lalu.

Pada penyelenggaraan WKF Premier League 2012, hadiah nomor perseorangan dibanderol 500 euro (Rp 6,5 juta), dan tahun ini naik menjadi 750 euro (Rp 9,7 juta). Begitu juga di nomor beregu, hadiah yang disediakan naik dari 600 euro (Rp 7,8 juta) menjadi 900 euro (Rp 11,7 juta).

Indonesia yang akan menurunkan 48 karateka pelatnas diharapkan bisa meraih prestasi maksimal seperti pada Premier League 2011 di Istanbul Turki. Saat itu, Indonesia mampu meraih dua medali emas di nomor kata beregu putra dan putri. Sementara pada Premier League 2012 Jakarta, Indonesia hanya mendapatkan 1 medali emas dan 4 perunggu.  Indonesia menempati peringkat 5 berada di bawah Iran (4 emas), Jepang (4 emas), Prancis (3 emas), serta Korea Selatan yang unggul perak dengan 1 emas dan 1 perak.

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/118vk1e">Main Bagus saat Lawan Belanda, Bek Arema Diincar Klub China</a>
* <a href="http://bit.ly/12kCelA">Wah, Bintang Belanda Anggap China Lebih Mudah Ketimbang Indonesia</a>
* <a href="http://bit.ly/11UXXdK">Daftar Klub yang Paling Royal Menggaji Pemain</a>
* <a href="http://bit.ly/13TlxLd">Pundi-Pundi Setan Merah Makin Gemuk</a>
* <a href="http://bit.ly/13ATbGF">Juve Siapkan Target Alternatif</a>
* <a href="http://bit.ly/17DOkc2">Alasan Suarez Ingin Main dengan Cristiano Ronaldo</a> (Bek)
Comments
Sign in to post a comment