Sukses

Demo Meluas, Piala Konfederasi Terancam Dibatalkan

Presiden Brasil terpaksa membatalkan perjalanan ke luar negeri untuk menangani kerusuhan sipil yang bisa mengganggu persiapan Piala Dunia

Persiapan Brasil untuk Piala Dunia tahun depan lagi-lagi terganggu oleh demonstrasi yang kian hari semakin meluas. Bahkan, dilaporkan lebih dari satu juta orang berbaris menggelar unjuk rasa di kota-kota besar di seluruh negeri, Jumat (21/6/2013).

Akibat aksi ini, Presiden Brasil Dilma Rousseff telah membatalkan perjalanan ke luar negeri untuk menangani krisis yang semakin berkembang. Bahkan ada laporan semalam yang menyebutkan bahwa Piala Konfederasi bisa dibatalkan di tengah kekhawatiran keamanan.

Situasi saat ini, lebih dari 300.000 orang berkumpul di pusat kota Rio de Janeiro. Polisi menggunakan gas air mata dan peluru karet untuk membubarkan sejumlah demonstran. Sementara itu, tersiar kabar juga polisi dan pengunjuk rasa bentrok di Salvador menjelang pertandingan Uruguay melawan Nigeria.

Tempat-tempat lain yang dijadikan sasaran massa berdemonstrasi adalah Kota Brasilia dan Fortazela, tempat penyelenggaraan Piala Konfederasi serta Sao Paulo, kota terbesar di negara itu, yang akan menjadi tuan rumah pertandingan di Piala Dunia tahun depan.

Unjuk rasa anti-pemerintah ini mengekspresikan kemarahan masyarakat atas sejumlah isu, termasuk layanan publik yang buruk, kekerasan polisi, inflasi yang tinggi dan biaya acara olahraga besar, termasuk Olimpiade 2016, yang juga akan berlangsung di Rio.

Warga di seluruh Brasil juga marah dengan biaya yang tinggi untuk persiapan Piala Dunia. Dana untuk membangun 12 stadion untuk turnamen, menurut warga, lebih baik digunakan untuk biaya investasi kesehatan dan pendidikan.(N)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/1c2AXzA">Ini Dia Pemain Chelsea yang Paling Disukai Mourinho</a>
* <a href="http://bit.ly/15prUF3">Pemilik Arsenal Ingin Higuain dan Rooney Jadi Duet Maut</a>
* <a href="http://bit.ly/16kJYTg">Gelandang Barca Selangkah Lagi Jadi Milik MU</a>
* <a href="http://bit.ly/11Qwlqs">Aksi Simpatik Para Pemain Tahiti</a>
* <a href="http://bit.ly/19Xda7B">Torres Berpeluang Jadi Pemain Tersubur di Piala Konfederasi</a>
* <a href="http://bit.ly/1ayKznO">Demi Jovetic, Juve Berikan Uang Plus Dua Pemain</a>
* <a href="http://bit.ly/11Rf6pX">Pemain Persib Bicara soal Kelihaian Benny Dolo</a>

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini