Sukses

Meksiko Bekuk Jepang

Javier "Chicharito" Hernandez mencetak dua gol kemenangan Meksiko atas Jepang.

Meksiko mengalahkan Jepang di pertandingan terakhir Piala Konfederasi 2013 Brasil Grup A. Kemenangan ini mengantarkan Meksiko ke peringkat ketiga dengan poin tiga. Sedangkan bagi Jepang, skuat besutan Alberto Zaccheroni ini tidak pernah mengemas kemenangan dari tiga pertandingan.

Meski sudah tidak menentukan, laga yang berlangsung di Estadio Governador Maghalhaes Pinto, Minas, Ahad (23/6/2013) dinihari WIB, teap berlangsung seru. Pada menit ke-5, sepakan Shinji Kagawa masih bisa dihalau kiper Meksiko, Francisco Ochoa.

Lepas 20 menit, belum ada peluang berbahaya dari Meksiko. Javier Hernandes banyak mendapatkan bola, tapi pemain Manchester United ini tak ditopang pergerakan sayap yang cukup baik. Menit 27, sundulan Zavala memanfaatkan umpan tendangan bebas masih melambung di atas mistar gawang kiper Kawashima.

Dua menit menjelang babak pertama usai, Kagawa nyaris membawa Jepang unggul. Sayang, ia gagal menendang bola ketika mencoba menyambut umpan tendangan sudut Keisuke Honda. Skor kacamata 0-0.

Di babak kedua, Meksiko langsung tampil menekan. Menginjak menit ke-54, Hernandes membawa Meksiko unggul. Memanfaatkan umpan silang Jose Andres Guardado, sundulan jarak dekat pemain yang akrab disapa Chicharito itu merobek gawang Kawashima.

Giovani dos Santos nyaris menggandakan keunggulan Meksiko di menit ke-59 jika saja tendangan setengah volinya tidak membentur tiang gawang. Chicharito membuat para pendukung Meksiko kembali bersorak di menit 66 lewat golnya. Ia mampu memanfaatkan tendangan sudut untuk membobol gawang Jepang untuk kali kedua.

Tertinggal dua gol, Jepang berupaya bangkit. Peluang terbaik diperoleh Okazaki pada menit ke-82. Sayang, sontekannya masih melebar dari gawang Ochoa. Namun, empat menit berselang, Okazaki menebusnya. Mendapat umpan dari Endo, sepakan jarak dekatnya menaklukkan kiper Ochoa. Skor menjadi 2-1.

Di menit 92, Meksiko mendapat hadiah penalti setelah Chicharito dijatukan di area terlarang oleh Uchida. Namun, upaya Chichartio mencetak hat-trick dalam laga ini digagalkan Kawashima. Kiper Jepang itu mampu menahan sepakan penalti Chicharito sebelum bola menerpa mistar gawang.

Hingga laga usai, skor 2-1 untuk kemenangan Meksiko tidak berubah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini