by

Bungkam Nigeria, Spanyol Juara Grup

  • Piala Dunia
  • 0
  • 24 Jun 2013 04:01
Spanyol lolos ke semifinal Piala Konfederasi 2013 Brasil dengan predikat sebagai juara Grup B. Skuat besutan Vicente del Bosque itu mengumpulkan poin sempurna sembilan setelah di laga terakhir penyisihan grup mengalahkan Nigeria, Senin (24/6/2013) dinihari WIB.

Bermain di Estadio Governador Placido Aderaldo Castelo, Fortaleza, Spanyol langsung mengancam lewat Andres Iniesta di menit ke-2. Tapi, sepakan gelandang Barcelona itu masih bisa ditangkap kiper Vincent Enyeama. Nigeria membalas lewat tendangan Brown Ideye, namun sepakannya masih membentur kaki Gerard Pique dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Melalui skema penyerangan yang rapi, Spanyol akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-3. Kerjasama Cesc Fabregas dan Iniesta diselesaikan Jordi Alda yang menusuk dari sisi kiri pertahanan Nigeria. Sepakan kaki kirinya tak mampu dihalau Enyeama. Spanyol unggul 1-0.

Tertinggal 1-0, Nigeria mencoba membalas. Di menit ke-20, sepakan keras Sunday Mba dari luar kotak penalti dengan gemilang ditepis Victor Valdes. Empat menit kemudian, giliran gawang Nigeria yang terancam. Namun, sepakan Roberto Soldado memanfaatkan umpan jauh Gerard Pique masih bisa diblok Enyeama. Soldado memiliki kesempatan kedua untuk menjebol gawang Nigeria. Tapi, Enyeama lagi-lagi mampu memblok sepakan pemain Valencia itu.

Di menit ke-39, sepakan pelan Fabregas yang memaksimalkan umpan mendatar Soldado digagalkan oleh tiang gawang. Sementara tandukan Ramos menyambut tendangan bebas Xavi mengarah tepat ke Enyeama. Skor 1-0 tidak berubah hingga turun minum. Hingga jeda, skor tetap 1-0.

Di babak kedua, pertandingan kembali berlangsung cepat. Di menit ke-53, tendangan bebas Xavi masih tipis melayang di atas mistar Enyeama. Spanyol melakukan pergantian pemain dengan menarik Fabregas dan memasukkan David Silva pada menit 54. Sementara Fernando Torres yang masuk di menit ke-60 menggantikan Soldado. Dua menit berselang, Torres mencatatkan namanya di papan skor. Umpan cermat Pedro dari sisi kiri langsung disambar dengan sundulan Torres. Skor 2-0 untuk Spanyol.

Nigeria memiliki peluang emas di menit 75. Akselerasi Ahmed Musa di sisi kiri pertahanan Spanyol berakhir di kaki Muhammad Gambo. Namun, Gambo yang tinggal berhadapan dengan Valdes justru sepakannya melenceng.

Dua menit jelang pertandingan usai, Alba kembali mencatatkan namanya di papan skor. Umpan lambung jauh David Villa bisa dijangkau Alba yang lolos dari jebakan offside. Dengan tenang, ia mengecoh Enyeama dan menceploskan bola ke gawang Nigeria. Skor 3-0 untuk Spanyol tidak berubah hingga pertandingan usai.

Dengan hasil ini, Spanyol akan menghadapi Italia di semifinal. Sedangkan Nigeria tidak lolos ke semifinal karena di pertandingan lainnya Uruguay menang 8-0 atas Tahiti. (Bog)
Comments
Sign in to post a comment