Sukses

Menpora: Kepastian Tanding Ulang Tunggu Hasil Investigasi Polisi

Menpora Roy Suryo memastikan laga ulang Persija vs Persib baru akan ditentukan tempatnya menunggu hasil investigasi polisi.

Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo menyatakan pihaknya kini masih harus menunggu hasil investigasi polisi terkait kasus penyerangan bus skuat Persib Bandung yang diduga dilakukan oleh fans Persija di Jakarta menjelang laga Sabtu 22 Juni. Barulah setelah ada hasilnya, penentuan tempat untuk tanding ulang bisa dipastikan.

"Jadi, saya ingin tahu apa nanti hasil dari kepolisian," ujar Roy Suryo di Bandung, Selasa (25/6/2013).

Menpora meminta PSSI untuk tidak terburu-buru menjatuhkan sanksi kepada Persib Bandung yang memutuskan mengurungkan bertanding melawan Persija saat itu. Roy juga meminta hal serupa diberlakukan kepada Persija karena pelakunya belum tentu suporter mereka.

"Pun demikian pada Persija, karena pelaku penyerangan belum tentu suporter mereka," ujar Roy menegaskan.

Menpora mengakui secara teknis, Persib memang seharusnya dinyatakan kalah WO. Tapi alasan ketidakhadirannya jelas, karena keselamatan meraka terancam.

"Hal tersebut adalah force majeur. Satu hal yang tidak bisa dihindari," kata Menpora.

Terkait kesepakatan waktu pertandingan ulang Persija versus Persib, menurut Menpora akan digelar hari Rabu 28 Agustus usai Lebaran.

"Hal itu sesuai dengan kesepakatan para pihak terkait. Pertandingan harus dilakukan ulang dan itu sudah disepakati tanggalnya. Setelah Bulan Suci Ramadan yakni pada hari Rabu 28 Agustus 2013," ungkap Roy Suryo.

Politikus asal Partai Demokrat itu berharap pertandingan ulang nantinya bisa digelar di mana pun dan berjalan lancar. Roy mengaku telah mengontak PSSI dan berbicara langsung dengan Wakil Ketua PSSI La Nyalla untuk menentukan tempat pertandingan ulang yang terbaik. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.