Sukses

12 Besar Divisi Utama Pakai Sistem Kompetisi Penuh

Dengan demikian, tak ada lagi sistem home tournament seperti yang biasa dilakukan selama ini.

Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2012-2013 yang diikuti 39 klub segera memasuki Babak 12 besar. Babak penyisihan Divisi Utama sendiri telah berakhir 21 Juni lalu. Jelang promosi ke ajang yang lebih tinggi, ke 12 tim ini akan saling bersaing dan bertarung demi tiket lolos ke kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2013-2014.

Berbeda dari biasanya, 12 besar akan menggunakan sistem kompetisi penuh dengan format home and away." Ini agar memenuhi kuota bermain dalam sebuah kompetisi. Di penyisihan grup, klub rata-rata hanya bermain sedikit, terutama grup 1, karena memang kompetisi Divisi Utama kita pecah menjadi 5 Grup agar pengeluaran ditekan," kata CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, Selasa (25/6/13).

Dengan demikian, tak ada lagi sistem home tournament seperti yang biasa dilakukan selama ini."Selain itu sesuai regulasi pasal 58 ayat 11, pada Babak 12 Besar, pemutihan kartu hanya untuk pemegang Kartu Kuning. Sedangkan untuk Kartu Merah tidak langsung dan Kartu Merah langsung tetap diberlakukan," tambah Joko.

Putaran pertama babak 12 Besar Divisi Utama sendiri akan berlangsung tanggal 28 Juni, 3 Juli, dan 6 Juli. Sedangkan putaran kedua akan dilaksanakan setelah hari raya Idul Fitri tanggal 19 Agustus, 23 Agustus dan 27 Agustus.
 
Tim Peserta 12 Besar

Grup 1: PS Bangka, Persisko Tanjabbar.

Grup 2: PSCS Cilacap, Persikabo Bogor, PSIS Semarang.

Grup 3: Persebaya Surabaya, Perseba Super Bangkalan, Perseta Tulungagung

Grup 4: Perserui Serui, PSBS Biak

Grup 5: Persik Kediri, PS Mojokerto Putra


Pembagian Grup 12 Besar

Grup A: PSCS Cilacap, Persik Kediri, Persisko Tanjabar, Perseta
Grup B: Persebaya Surabaya, PS Bangka, PSBS Biak, PSIS Semarang
Grup C: Perserui Serui, Persikabo Kab Bogor, Perseba Super Bangkalan, PS Mojokerto Putra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini