Sukses

Brasil Kontra Uruguay, Raksasa Amerika Latin Berebut Tiket Final

Setelah Argentina, Timnas Uruguay bisa dibilang sebagai rival terberat bagi Brasil di Amerika Latin.

Usaha Brasil merebut gelar juara Piala Konfederasi untuk ketigakalinya secara beruntun menemui jalan terjal karena mereka harus bersua dengan Uruguay di babak semifinal Stadion Governador Magalhaes Pinto pada Kamis 27 Juni dinihari WIB.

Setelah Argentina, Timnas Uruguay bisa dibilang sebagai rival terberat bagi Brasil di kawasan Amerika Latin. Uruguay harus bertemu dengan Brasil di semifinal karena mereka finis sebagai runner-up Grup B. Sedangkan Brasil menjadi penguasa Grup A. Meski berstatus sebagai tuan rumah, bukan pekerjaan mudah bagi Brasil untuk melewati hadangan Uruguay.

Performa Brasil tidak begitu meyakinkan di Piala Konfederasi 2013 walau mereka sukses menyapu bersih tiga laga di fase grup. Pada laga pamungkas Grup A, Brasil susah payah menjinakkan Italia 4-2. Dua kemenangan lain didapat atas Jepang dan Meksiko.

Pelatih Brasil Luiz Felipe Scolari cukup beruntung karena bisa menurunkan hampir semua kekuatan terbaiknya. Hanya Bernard yang diragukan bisa tampil. Bek David Luiz sudah bisa main setelah pulih dari cedera memar di kaki. Begitu juga dengan gelandang Paulinho yang sempat bermasalah dengan engkelnya.

Di sektor penyerang, Scolari akan mengandalkan Hulk untuk mendampingi Oscar dan Neymar guna menyokong penyerang tunggal Fred. Dengan demikian, Lucas Moura akan memulai dari bangku cadangan.

Sementara arsitek Uruguay Oscar Tabarez tidak bisa menurunkan Andres Scotti yang terkena kartu merah saat melumat Tahiti dengan delapan gol tanpa balas. Namun kapten Diego Lugano sudah bisa main lagi setelah menjalani masa skorsing satu pertandingan.

Tabarez masih akan mempercayakan lini depannya kepada trio Luis Suarez, Diego Forlan, dan Edinson Cavani meski Abel Hernandez tampil cemerlang dengan melesakkan empat gol kala melawan Tahiti. Hernandez akan dijadikan senjata rahasia bila Forlan dan kawan-kawan mengalami kebuntuan. Di kubu Brasil, eks penyerang Manchester City Jo yang akan menjadi super-sub.

Kedua tim sudah 14 kali bertemu di berbagai ajang. Sejauh ini Brasil masih mendominasi kemenangan atas Uruguay. Tim Samba memenangi tujuh pertandingan dengan tiga laga berakhir imbang. Uruguay sudah sangat lama tidak mengalahkan Brasil. Terakhir Uruguay menang atas Brasil pada 2001 di babak Kualifikasi Piala Dunia. Kemenangan tipis sepertinya akan bisa diraih oleh Neymar dan kawan-kawan. (berbagai sumber/*)

Prakiraan Susunan Pemain:

Brasil: Cesar, Alves, Luiz, Silva, Marcelo, Gustavo, Paulinho, Hulk, Oscar, Neymar, Fred.

Uruguay: Muslera, Pereira, Lugano, Godin, Caceres, Gonzalez, Gargano, Perez, Forlan, Suarez, Cavani.





Baca juga:
* Cristiano Ronaldo Beri SBY Hadiah Istimewa
* Akhirnya, Ronaldo dan Sang Kekasih Tiba di Bali
* Inilah Suasana di Dalam Jet Pribadi Ronaldo Saat Terbang ke Bali
* Walau Selebriti Dunia Tapi Ronaldo Tak Rewel Soal Makanan di Bali
* Di Bali Ronaldo Akan Dikejutkan Oleh Bocah Asal Aceh, Martunis
* Asap dari Indonesia Buat Klub Inggris Batal Main di Malaysia
* Semifinal Piala Konfederasi Terancam Batal
* Larasati Gading Menang di Jerman dengan Kuda Barunya
* Kembali, Istri Peter Crouch Berbikini Seksi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini