Sukses

Lewat Adu Penalti, Spanyol Lolos ke Final

Spanyol melaju ke babak final Piala Konfederasi 2013 setelah di semifinal yang melelahkan mengatasi Italia 7-6 lewat adu penalti.

Akhirnya partai final ideal di Piala Konfederasi 2013 terwujud. Di partai semifinal kedua yang berlangsung di Estadio Castelao, Fortaleza, Kamis, 27 Juni 2013 sore waktu setempat atau Jumat (28/6/13) dinihari WIB, tim unggulan Spanyol berhasil mengatasi perlawanan gigih Italia 7-6 lewat adu penalti setelah dalam 120 menit kedua tim bermain imbang 0-0. Dengan hasil ini, La Furia Roja berhak lolos ke final dan bertemu tuan rumah Brasil di Estadio Maracana, Rio de Janeiro, Minggu (30/6) malam waktu setempat atau Senin (1/7/13) pagi WIB.

Setelah dalam 90 menit kedudukan tetap sama kuat 0-0, di masa perpanjangan kedua tim tampil hati-hati. Italia yang memainkan pemain pengganti terakhirnya Sebastian Giovinco mendapat peluang pertama setelah tembakan keras Emanuele Giaccherini membentur tiang gawang Iker Casillas di menit ke-93.

Yang mengherankan, Spanyol memainkan Javi Martinez menggantikan Fernando Torres. Artinya, juara dunia bermain tanpa seorang striker pun. Meski demikian, Spanyol tetap dominan. Semenit setelah peluang Giaccherini, Gerard Pique membuang kans mencetak gol pertama. Bermula dari tendangan bebas Xavi, bola liar dikuasai bek Barcelona tersebut. Namun, sepakan kerasnya justru melambung di atas mistar.

Dua menit berlalu, Daniele De Rossi melakukan penyelamatan gemilang dengan menghalau bola yang terarah pada Sergio Ramos yang berdiri bebas dekat gawang. Spanyol kian di atas angin. Akan tetapi, sejumlah peluang yang didapat masih saja tak mampu menghasilkan gol, semisal sepakan Jordi Alba dan Juan Mata. Di menit ke-115, tendangan jarak jauh Xavi ditip kiper Buffon dan mengenai tiang gawang. Bola rebound diteruskan Martinez namun gagal disambar Mata. Jelang akhir pertandingan, sepakan keras Jesus Navas ditepis Buffon. Skor 0-0 tetap bertahan sampai 120 menit berakhir.

Laga dilanjutkan dengan adu penalti. Dari lima kesempatan pertama, kelima algojo kedua tim sama-sama sukses menunaikan tugasnya. Skor 5-5. Sesuai dengan aturan FIFA, adu penalti dilanjutkan dengan sistem sudden-death. Dalam format ini, Riccardo Montolivo dan Sergio Busquets sama-sama berhasil mengelabui Casillas dan Buffon. Pada kesempatan ketujuh, bek Italia Leonardo Bonucci gagal melakukan tugasnya setelah tembakannya melambung. Kesempatan emas yang tidak disia-siakan Jesus Navas. Eksekusinya mengelabui Buffon. Spanyol unggul 7-6 dan melaju ke final. (*)

Susunan Pemain:
Spanyol: Casillas; Arbeloa, Pique (KK), Sergio Ramos, Jordi Alba; Busquets, Iniesta, Xavi; Silva (Navas), Torres (Martinez), Pedro (Mata).
Italia: Buffon; Barzagli (Montolivo), Bonucci, Chiellini; Maggio, De Rossi (KK), Pirlo, Giaccherini; Candreva, Marchisio (Aquilani); Gilardino (Giovinco).
Wasit: Howard Webb (Inggris)

Baca juga:
* Gerrard Tak Sabar Lihat Perubahan MU
* Semua Pemain Roma Akan Dilego, Asal ...
* Tiga Pemain Italia Dipuji Pelatih Spanyol
* Ronaldinho Jadi Bintang Iklan Kondom. Kondom apa ya?
* Ada Ganjalan Jelang Pertemuan Rahasia Ronaldo dengan MU

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.