Sukses

Pelatih Spanyol Akui Dominasi Brasil

Vicente del Bosque tak mau mencari alasan kekalahan Spanyol di final Piala Konfederasi. Del Bosque dengan jantan mengakui dominasi Brasil.

Antiklimaks. Itulah kata yang paling pas untuk menggambarkan penampilan juara dunia Spanyol di ajang Piala Konfederasi 2013. Digadang-gadang tampil sebagai jawara, di babak final menghadapi tuan rumah Brasil di Estadio Maracana, Tim Matador bak kena batunya.

Meskipun mendominasi penguasaan bola, Tim Matador tak kunjung berhasil menjebol gawang Julio Cesar. Justru gawang Iker Casillas yang dibombardir Neymar da Silva dkk. Tiga gol yang bersarang di gawang Spanyol menandaskan begitu superiornya penampilan anak-anak asuhan Luiz Felipe Scolari yang didukung penuh 70 ribu fans Tim Samba.

Seusai pertandingan, pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, tak mau mencari alasan di balik kekalahan pertama yang dialami timnya sejak tampil sebagai juara dunia 2010 di Afrika Selatan. “Kami kurang beruntung di akhir babak pertama dan di awal babak kedua. Tapi, saya tidak mau mencari alasan. Mereka (Brasil) tampil lebih baik ketimbang kami,” ujar Del Bosque.

Meskipun gagal meraih gelar juara, Del Bosque tetap menyambut positif penampilan Andres Iniesta dkk. “Kami tampil baik dalam turnamen ini dan berkonsentrasi penuh selama 28 hari. Namun, mereka (Brasil) tampak jauh lebih segar dan berenergi,” imbuhnya.

Setelah dipaksa berjuang keras melawan cuaca panas dan bermain selama 120 menit plus adu penalti menghadapi Italia di partai semifinal yang berlangsung di Estadio Castelao, Fortaleza, Kamis, 27 Juni lalu, Spanyol kurang beruntung mengingat waktu istirahat yang didapatkannya menjelang partai puncak lebih pendek ketimbang Tim Samba. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.