Sukses

ISG Akhirnya Positif Digelar di Palembang

Islamic Solidarity Games 2013 akhirnya digelar di Palembang. Alasan pemindahan karena empat cabang olahraga tak bisa digelar di Jakarta.

Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 yang sebelumnya akan digelar di Riau, akhirnya dipindahkan ke Palembang, Sumatra Selatan. Sempat diwacanakan ISG digelar di Jakarta, namun akhirnya kegiatan yang baru diadakan tiga kali ini positif digelar di Palembang dengan waktu pelaksanaan mulai 22 September hingga 1 Oktober.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo mengatakan alasan pemindahan karena empat cabang olahraga dari 13 macam yang dipertandingkan tak bisa digelar di Jakarta. Selain itu sarana dan prasarana pertandingan di Jakarta juga masih kurang.

"Apalagi waktu pelaksanaannya sudah tak bisa diajak kompromi lagi," kata Menpora.

Dijelaskan Menpora, meski terkesan mendadak namun persiapan di Palembang sudah rampung. Soal anggaran pun, dikatakan Roy, sudah tidak lagi menjadi masalah.

"Semua venue yang diperlukan sudah siap. Panitia telah menyediakan dana sebesar Rp 113 miliar dari APBN. Itu sudah saya sampaikan kepada Gubernur Sumsel Alex Nurdin," katanya.

Menurut Menpora, Indonesia hampir saja dicoret sebagai tuan rumah ISG. Namun, setelah panitia penyelenggara menyatakan kesiapannya, keputusan itu pun langsung dibatalkan. Penyelenggaraan ISG tahun ini akan diikuti oleh 2.483 atlet dari 25 negara. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.