Sukses

Rio Haryanto Start dari Posisi 20

Rio Haryanto menempati posisi star ke-20 pada race pertama atau "feature race" seri keenam lomba balap mobil Gp2 Series di Sirkuit Nurburgri

Pebalap nasional Rio Haryanto menempati posisi start ke-20 pada race pertama atau "feature race" seri keenam lomba balap mobil Gp2 Series di Sirkuit Nurburgring, Jerman, Sabtu (6/7/2013) waktu setempat. Pada babak kualifikasi untuk menentukan nomor star Jumat kemarin Rio menempati posisi ke-20 dengan catatan waktu satu menit 39,780 detik dari 12 putaran.

Menurut ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, putranya yang tergabung dalam tim Addax Barwa, kesulitan untuk memaksimalkan kecepatan kendaraannya karena "trafic". Dijelaskan dia, kondisi lintasan di Nurburgring, kering tetapi sejuk. "Kami berharap pada race pertama hari ini, Rio bisa tampil maksimal dan meraih sukses," katanya.

Posisi pertama pada babak kualifikasi ini ditempati pebalap tim DAMS S Richelmi dengan catatan waktu satu menit 38,487 detik. Urutan kedua ditempati rekan satu timnya M Ericsson dengan catatan waktu satu menit 38,763 detik, sedangkan ketiga adalah R Frijn (Hilmer Motorsport) dengan catatan waktu satu menit 38,804 detik.

Rekan stau tim Rio, pebalap dari Amerika Serikat Jake Rosenzweig menempati posisi ke-25 dengan catatan waktusatu menit 40,064 detik.

Race pertama di Sirkuit Nurburgring, menempuh jarak 175,032 kilometer selama 34 putaran. Sedangkan race kedua "sprint race", Minggu besok menempuh jarak 123,552 kilometer sebanyak 24 putaran.

Sampai berakhirnya seri kelima di Sirkuit Silverstone, Inggris, beberapa waktu lalu, pebalap asal Solo, Jawa Tengah, ini menempati peringkat ke-17 klasemen sementara dengan mengumpulkan poin 20.

Poin terbesar yang dicapai pebapal berusia 20 tahun tersebut, yaitu saat menempati posisi kedua pada race kedua di Inggris dengan mendapatkan poin 12, kemudian pada race pertama juga di Inggris tersebut mengumpulkan poin enam. Poin yang lain diraih Rio saat tampil pada seri ketiga di Sirkuit Catalunya, Spanyol, beberapa waktu lalu.

Sementara itu peringkat pertama klasemen sementara ditempati pebalap tim Rapax S Colleti dengan mengumpulkan poin 120, kemudian disusul F Nasr dari tim Carlin dengan poin 98, sedangkan ketiga ditempati S Bird (Russian Time) dengan poin 89.(Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini