DKI Jadi Tuan Rumah O2SN 2014

  • Liga Dunia
  • 0
  • 08 Jul 2013 22:46

o2sn-logo-130708c.jpg
Setelah Provinsi Kalimantan Timur sukses menjadi tuan rumah dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) VI pada 2013, giliran O2SN VII 2014 dipercayakan kepada Pemprov DKI Jakarta sebagai tuan rumah.

"Selama O2SN VI digelar di Kaltim yang dilakukan di Balikpapan dan Samarinda, hasil pantauan kami pelaksanaannya sukses. Saya juga yakin pelaksanaan O2SN di Jakarta nanti akan lebih baik lagi," ujar Sekretaris Panitia O2SN tingkat Kaltim, Asli Nuryadin di Samarinda, Senin (8/7/13).

Asli Nuryadin yang juga Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kaltim ini melanjutkan, meskipun Kaltim hanya berada di peringkat enam dalam O2SN yang digelar mulai 29 hingga 5 Juli 2013 itu, tapi pihaknya cukup puas karena pelaksanannya cukup sukses.

O2SN di Kaltim ini melibatkan 4.126 atlet dari 33 provinsi. Jika ditotal dengan guru pendamping, pelatih, juri, ofisial hingga atlet, maka jumlahnya mencapai 7.200 orang.

Kegiatan tersebut terbagi menjadi lima jenjang, yakni O2SN untuk jenjang SD terdapat 11 cabang olahraga , jenjang SMP terdapat tujuh cabang, SMA dipertandingkan lima 5 cabang, SMK sebanyak lima cabang.Kemudian, pada Pendidikan Khusus dan Layanan Kahusus (PKLK) atau SLB Pendidikan Dasar terdapat tiga cabang olahraga, dan O2SN pada PKLK Pendidikan Menengah terdapat tiga cabang yang dipertandingkan.

Menurut Asli Nurjadin, kebanyakan pertandingan digelar di Balikpapan, terutama untuk jenjang SD, PKLK Dikdas, dan PKLK Dikmen. Sedangkan cabang yang dilaksanakan di Samarinda, yakni atletik, bola voli, dan renang untuk SMP), atletik untuk SMA, bola basket dan bola voli untuk SMK.Menurutnya, Kaltim yang berada di peringkat enam dalam O2SN itu setelah berhasil mengantongi 19 medali, yakni empat emas, Sembilan perak, dan enam perunggu.

Berhasil sebagai juara pertama adalah Jawa Timur dengan 25 emas, 17 perak, dan 17 perunggu, juara dua Jawa Barat dengan 18 emas, 11 perak, dan 12 perunggu, juara tiga dari Bali dengan 14 emas, 8 perak, dan 13 perunggu. (ant)

Credit: Def


Terpopuler