Sukses

Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Bola Basket

Akan diikuti 32 tim putra dan 24 tim putri dari 44 negara, termasuk di antaranya Amerika, Jepang, Australia dan Spanyol.

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Bola Basket FIBA 3X3 U-18 2013. Rencananya, kejuaraan akan berlangsung di area Monumen Nasional (Monas), Jakarta, pada 26-29 September 2013.

FIBA 3X3 U-18 World Championships diikuti 32 tim putra dan 24 tim putri dari 44 negara, termasuk di antaranya Amerika, Jepang, Australia, Selandia Baru, Spanyol, Turki, China, Taiwan, dan Jerman.

Menurut ketua panitia pelaksana, Hasani Abdulgani, Rabu (10/7/2013), Indonesia dipercaya sebagai negara Asia pertama yang menyelenggarakan event ini. "Momen ini sangat penting karena dunia mengakui kalau Indonesia adalah destinasi tempat bola basket berkembang, artinya FIBA mempercayai Indonesia. Ini merupakan bukti nyata basket Indonesia telah mendapat pengakuan dan kepercayaan di tingkat dunia," ujarnya.

Dipilihnya Monas sebagai lokasi penyelenggaraan, karena FIBA 3X3 memiliki aturan yang sederhana termasuk fasilitas lapangan yang memungkinkan permainan ini dilakukan di luar lapangan. Ajang yang pertama kali digelar di Madrid, Spanyol itu memang biasanya digelar di tempat ikonik.

Sementara itu, Sekjen PP Perbasi Agus Mauro, menambahkan, kejuaraan ini juga menampilkan pemain kelas dunia karena akan menjadi ajang seleksi untuk Youth Olympic Games di Nanjing, China pada Agustus 2014.

Indonesia akan menurunkan tim putra dan putri yang telah dipersiapkan dalam pelatnas sejak Januari. Tim yang masing-masing terdiri atas enam pemain ini, sudah menjalani uji coba di Australia dan Bangkok, Thailand.

"Rencananya sebelum event berlangsung akan digelar kejuaraan nasional karena ada wacana memasukkan nomor 3X3 pada Pekan Olahraga Nasional (PON)," tambah Agus.

Melihat kesuksesan pelaksanaan event perdana 3X3 di Youth Olympic Games di Singapura 2010, FIBA merasa perlu membawa kegiatan ini sebagai salah satu nomor resmi di cabang bola basket. FIBA juga berharap suatu hari nanti 3X3 dapat dimainkan sebagai salah satu cabang olahraga di pelaksanaan Olimpiade musim panas. (Ant/bek)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/1a9Pb2A">Latihan Pertama MU, Senyum Rooney Sampai `Posting` Zaha</a>
* <a href="http://bit.ly/14HBWUv">Fantastis, Dua Laga di Liga Amatir Nigeria Cetak 146 Gol!</a>
* <a href="http://bit.ly/12Xenar">Komentar Pertama David Villa Setelah Berkostum Atletico</a>
* <a href="http://bit.ly/15cME40">Jadwal Lengkap Barcelona Musim 2013-2014</a>
* <a href="http://bit.ly/1dgtOMt">Kiper Veteran Fulham Gabung Chelsea</a>

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini