Sukses

Lawan Arsenal, Timnas Garuda Terapkan Pola Menyerang

Pelatih Timnas Senior, Jacksen F Tiago, memerintahkan Sergio van Dijk dan kawan-kawan menerapkan pola menyerang.

Pelatih Timnas Senior, Jacksen F Tiago, menilai, persiapan anak asuhnya untuk menghadapi Arsenal cukup bagus dibanding saat akan bertemu Timnas Belanda beberapa waktu yang lalu.

Menurut Jacksen, jika saat menghadapi Belanda tim lebih memperkuat lini pertahanan, khusus menghadapi Arsenal dirinya memerintahkan Sergio van Dijk dan kawan-kawan menerapkan pola menyerang.

"Kita ingin fokus keluar dan menyerang. Darimana kita menyerang semuanya tergantung pada pemain yang di lapangan," kata pelatih Persipura Jayapura itu, Kamis (11/7/2013).

Pada latihan perdana di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jacksen langsung memberikan materi latihan yang cukup keras pada timnya terutama dalam pola bertahan setelah mendapatkan serangan.

Untuk lini pertahanan pada games pertama, Jacksen menurunkan Ruben Sanadi, Victor Igbonefo, M. Roby dan Hasim Kipuw. Sedangkan lini tengah menurunkan Immanuel Wanggai, Ahmad Jupriyanto dan Raphael Maitimo.

Setelah mengadu antara barisan penyerang dengan pemain bertahan, program selanjutnya adalah memberikan kesempatan kepada pemain untuk bermain di lapangan penuh. Hal ini dilakukan untuk melihat kesiapan pemain dan untuk menentukan skema yang akan digunakan.

"Meski baru latihan satu kali gambaran skema pemain sudah kami dapat. Yang terpenting saat ini tinggal mencari kekompakan pemain," kata pria asal Brasil itu.

Latihan pertama Timnas Garuda ini diikuti 22 pemain, dua diantaranya adalah penjaga gawang yaitu Kurnia Meiga dan I Made Wirawan. Namun, latihan kali ini tidak diikuti Boaz Solossa yang masih menjalani perawatan akibat mengalami cedera. Striker Persipura hanya menjalani latihan ringan bersama fisioterapis Matias Ibo.(Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.