Sukses

Indonesia vs Arsenal, Medium Perbaiki Penampilan

Timnas senior dengan nama Indonesia Dream Team kembali mendapatkan kesempatan emas uji kekuatan ketika melawan Arsenal FC malam ini.

Timnas senior dengan nama Indonesia Dream Team kembali mendapatkan kesempatan emas uji kekuatan ketika melawan Arsenal FC malam ini pukul 20.45 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Ini merupakan laga pertama dari tiga uji coba kontra tim Liga Premier Inggris sampai akhir bulan ini.

Ini kesempatan berharga yang tak boleh dibuang oleh timnas senior. Setelah kalah 0-3 dari timnas Belanda pada 7 Juni lalu, ini saatnya bagi timnas untuk memperbaiki penampilan. Kemenangan tentu bukan sebuah target, ini sesuatu yang sulit dicapai oleh Merah Putih.

Yang paling mungkin, Indonesia memperbaiki kesalahan seperti saat melawan Belanda. Di mana saat itu, setelah menahan Belanda 0-0 di babak pertama, Indonesia malah kedodoran di babak kedua. Permainan bola atas menjadi momok dan serangan sayap selalu membuat pertahanan Indonesia mati langkah.

Tak hanya lawan Belanda, persoalan klasik ini sudah terjadi ketika melawan Arab Saudi di kualifikasi Pra Piala Asia 2015. Pelatih timnas, Jacksen F Tiago mengakui, laga melawan Arsenal menjadi sebuah medium penting untuk belajar sekaligus hiburan.

"Arsenal cuma bagian dari masa persiapan kita untuk menghadapi Cina. Menurut saya, melawan Arsenal adalah partai hiburan yang bisa dimanfaatkan untuk mengasah kemampuan kerja sama tim," ujarnya.

Nah, sekali lagi, ini merupakan bagian dari persiapan menghadapi Cina. Seperti diketahui, Indonesia masih belum mendapatkan poin dari dua kali laga Pra Piala Asia 2015. Cina yang memiliki ranking dan kualitas di atas Indonesia kurang lebih tentunya akan menyulitkan Indonesia. Jika timnas sudah terbiasa, maka timnas akan lebih siap menghadapi Cina.

"Saya ingin pertahanan yang lebih kokoh. Pemain yang lebih percaya diri saat memegang bola," ucap Jacksen dalam jumpa pers di GBK.

Arsenal sendiri tentu sudah tak diragukan lagi kekuatannya. Meski tak diperkuat empat pemain yang absen, tapi Arsenal akan menampilkan skuat terbaik, meski tentu akan merotasi pemainnya.

Theo Walcott dan Jack Wishere sebelumnya mengaku akan memberikan yang terbaik. Apalagi mereka akan bertandingan di depan suporter terbesar Arsenal di luar Inggris.

"Sampai bertemu di pertandingan nanti," kata Theo Walcott. "Saya senang sekali bisa berada di sini. Saya juga tahu jika banyak fans di sini. Semoga kedatangan kami bisa memuaskan fans Arsenal," kata Arsene Wenger.

Wenger sudah mengantisipasi perlawanan keras dari tim tuan rumah. Ia menjelaskan tim-tim Asia selalu punya semangat lebih jika berhadapan dengan timnya.

"Pemain-pemain Asia selalu bersemangat. Saya mengharapkan pasukan saya bisa bermain baik dan juga memuaskan para penonton," ujar Wenger. (Berbagai Sumber)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini