Sukses

Tiga Calon Pelatih Barcelona

Andre Villas-Boas, Luis Enrique, dan Marcelo Bielsa menjadi kandidat pelatih Barcelona.

Barcelona harus bekerja melawan waktu untuk menunjuk pengganti Tito Vilanova yang mengundurkan diri sebagai pelatih. Saat Vilanova menghabiskan waktu 10 pekan di New York, Amerika Serikat, guna menjalani kemoterapi dan radioterapi usai operasi tumor kanker pada Desember 2012, Barcelona menunjuk asisten pelatih Jordi Roura sebagai pengganti sementara. Vilanova baru kembali pada Maret 2013 dan membawa Barca merebut gelar La Liga.

Sebelumnya musim panas, Direktur Olahraga Barcelona Andoni Zubizarreta mengusulkan Ernesto Valverde sebagai pelatih jika Vilanova tidak dapat kembali bekerja. Namun, mantan pelatih Valencia itu kini menangani Athletic Bilbao.

Sementara Presiden Sandro Rossel menginginkan Luis Enrique. Mantan bintang Barcelona itu sebenarnya telah menunggu panggilan dari Camp Nou sebelum diangkat sebagai pelatih Celta Vigo pada Juni lalu. Namun, Barcelona akan mencoba untuk mencapai kesepakatan dengan Celta untuk mendapatkan jasa Enrique.

Kandidat lainnya adalah Manajer Tottenham Hotspur Andre Villas Boas. Manajer asal Portugal itu memiliki klausul dalam kontraknya di White Hart Lane yang memungkinkan dia bisa pergi jika menerima tawaran dari Barcelona. Hal inilah yang menjadi alasan Villas-Boas menolak pinangan Paris Saint Germain selama musim panas. Klausul itu bernilai sekitar 14 juta euro atau sekitar Rp 185,5 miliar.

Mantan pelatih Athletico Bilbao Marcelo Bielsa juga bisa menjadi alternatif. Pelatih asal Argentina, yang meninggalkan San Memes pada akhir musim lalu, telah melakukan pembicaraan dengan Santos. Namun, Bielsa gagal mencapai kesepakatan dengan klub Brasil tersebut.

Pengunduran diri Vilanova diumumkan Presiden Sandro Rosell dan Direktur Olahraga Andoni Zubizarreta dalam konferensi pers Jumat (19/7/13) pukul 20.30 waktu setempat. Masalah kesehatan menjadi alasan utama pria 44 tahun itu meletakkan jabatannya.(AS)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/18ucNOX">Guardiola Persembahkan Trofi Pertama untuk Bayern</a>
* <a href="http://bit.ly/130rOSQ">Erick Thohir akan Bawa Leonardo ke Inter?</a>
* <a href="http://bit.ly/18xpdsx">Ungguli Bradl dan Rossi, Marquez Juara di Laguna Seca</a>
* <a href="http://bit.ly/15Aur0M">Ini Skuat Indonesia untuk Hadapi Chelsea</a>
* <a href="http://bit.ly/18udh7G">Gaet Winger Baru, Tottenham Bersiap Kehilangan Bale?</a>
* <a href="http://bit.ly/12X4DNT">Di Mata Pengamat, Timnas Indonesia Sudah Alami Kemajuan</a>
* &lt;a href="http://bit.ly/1byzll7"&gt;Lukisan Tiga Bintang Liverpool Karya Fans Jadi Perhatian Dunia&lt;/a&gt;

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.