Sukses

Timnas Indonesia Seret Gol, Statistik Jadi Bukti

Dalam tiga laga terakhir, Sergio van Dijk seakan bekerja sendirian. Dia jarang mendapatkan bola dari pemain di lini tengah.

Timnas Indonesia menghadapi masalah pelik yaitu mencetak gol ke gawang lawan di laga uji coba. Ini yang terjadi di tiga laga terakhir timnas kontra Belanda (7 Juni), Arsenal (15 Juli) dan Liverpool (20 Juli).

Striker andalan, Sergio van Dijk yang subur bersama Persib ternyata tak bisa berkutik di tiga atau empat laga bersama timnas. Apa yang menjadi masalah? Berdasarkan statistik yang dihitung manual Liputan 6.com, daya serang timnas Indonesia memang sangat lemah di tiga laga uji coba terakhir. Di luar kalkulasi lawan yang dihadapi timnas memang sangat berat.

Melawan Liverpool Sabtu misalnya, Indonesia tercatat hanya satu kali melepaskan tembakan ke arah gawang Simon Mignolet kiper Liverpool. Sedangkan tiga tembakan lainnya tak bisa mengarah ke sasaran. Sebenarnya, Indonesia bisa mendapatkan peluang gol dari bola mati.

Indonesia saat melawan Liverpool berhasil mendapatkan empat kali tendangan sudut dan satu kali tendangan bebas. Tapi, semuanya tak mampu berbuah gol atau minimal membahayakan Liverpool.

Sementara itu, statistik Liverpool sangat luar biasa. Mereka melepaskan tendangan ke arah gawang sebanyak 7 kali, sedangkan tembakan off target sebanyak 8 kali. Liverpool juga unggul dengan jumlah tendangan sudut sebanyak 7 kali dan tendangan bebas 2 kali. Untunglah, "The Reds" tak maksimal memanfaatkan jumlah tembakan ke arah gawang mereka.

Pilihan pemain atau strategi boleh juga memberi dampak. Dalam tiga laga terakhir, van Dijk seakan bekerja sendirian. Dia jarang mendapatkan bola dari pemain di lini tengah. SvD, sebutannya seakan butuh penyuplai bola yang paham benar dengan karakternya. Haruskah, Jacksen memanggil Firman  Utina, rekannya di Persib yang kerap memberikan assist?

Selain itu, patut pula dicamkan komentar pelatih timnas U-23, Rahmad Darmawan. Dia meminta pemainnya untuk tidak minder menghadapi tim besar seperti Chelsea. "Pemain harus bersikap seperti Laki. Mereka harus berani seperti ketika berhadapan dengan Liverpool. Jangan sungkan. Respek, tapi harus bisa memberikan kesulitan untuk mereka [Chelsea]," tandas RD.

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/1bHzfb1">Sejarah Singkat Pelatih Baru Barcelona</a>
* <a href="http://bit.ly/138Hx3o">Laga Chelsea di Jakarta Terancam Batal?</a>
* <a href="http://bit.ly/14AHTFo">Inilah Isi Surat Perpisahan Thiago untuk Barca</a>
* <a href="http://bit.ly/13ySvTd">Free-kick, Spesialisasi Cristiano Ronaldo</a>
* <a href="http://bit.ly/130lW0J">Ancelotti Komentari Kemenangan Besar Madrid</a>
* &lt;a href="http://bit.ly/160Lprn"&gt;Luis Suarez Sudah Main Pingpong di Tur Liverpool&lt;/a&gt;

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini