Sukses

Rifat Sungkar Bidik Posisi 5 Besar

Rifat Sungkar bersama Fastron World Rally Team targetkan 5 besar di Rally America.

Rifat Sungkar bersama Fastron World Rally Team, telah berada di Amerika Serikat untuk mengikuti seri ke-5 Rally America, New England Forest Rally (NEFR), yang akan digelar pada 26-27 Juli 2013. Dengan target mampu mencapai 5 besar, Rifat sudah melakukan test Minggu kemarin waktu setempat. Tes dilakukan untuk mendapatkan setingan mobil yang sesuai dengan karakter lintasan yang akan dilalui.

Rifat bersama tim mekanik dari Libra Racing, melakukan testing selama kurang lebih 4 jam di "Team O’Neil Rally School" di kota Dolton, atau sekitar 2 jam perjalanan dari home base sementara Fastron World Rally Team di Burlington, negara bagian Vermont.

Tes ini sangat diperlukan karena karakter lintasan di NEFR sangat high speed. Tahun 2012 lalu, rata-rata kecepatan di NEFR adalah sekitar 110 km/jam. Pada saat testing, Rifat Sungkar melakukan 2 sesi latihan di lintasan sepanjang  tiga kilometer.

"Pada sesi yang dilakukan pagi hari, terasa bahwa mesin terlalu banyak memiliki tenaga pada Revolutions Per Minute (RPM) di bawah 3.000, yang sebenarnya sangat bagus untuk lintasan yang berbelok-belok, tetapi kurang cocok untuk lintasan yang berkarakter high speed," kata Rifat.

Namun, menurut Rifat, setelah melakukan putaran sebanyak 15 lap, kita menemukan setingan mesin yang ideal di power band antara 4.500-5.600 dengan boost pressure sebesar 1,7 bar.

"Sementara untuk ban, saya dan tim mekanik sepakat untuk memilih ban medium hard, mengingat jarak tempuh setiap special stage yang cukup jauh dan prakiraan cuaca pada saat pertandingan akan panas. Tadi pagi pada saat kita mulai latihan, suhu udara masih sekitar 25 derajat Celcius, tetapi sekitar tengah hari naik menjadi 30 derajat," tambah Rifat.

Fastron World Rally Team kemarin melakukan latihan bersama Antoine L'Estage yang merupakan juara NEFR tahun 2012 silam. Sedangkan pereli unggulan lainnya seperti David Higgins dan Ken Block, dikabarkan juga akan berlatih di tempat yang sama pada hari ini.

Dalam latihan ini, Rifat belum ditemani oleh navigatornya, Steve Lancaster, yang baru tiba di AS kemarin malam.

"Tetapi hal ini tidak mengganggu persiapan kami dari Fastron World Rally Team, karena saya dan Steve sudah pernah bersama-sama bertanding di Yunani pada ajang WRC tahun lalu" ujar Rifat.

NEFR dikenal sebagai salah satu reli terbaik di AS. Pemilik Libra Racing, John Buffum, yang pertama kali menyelenggarakan reli ini selama kurang lebih 16 tahun.

Selama dua hari, 57 pereli akan dihadapkan pada lintasan yang cukup lebar, karena lintasan yang dipergunakan sebenarnya adalah lintasan truk pengangkut kayu. Bahkan karena rata-rata kecepatannya terlalu tinggi, panitia pelaksana akan membuat beberapa chichane, yaitu jalanan yang sengaja dibelok-belokan untuk mengurangi kecepatan.

"Saya bersama Fastron World Rally Team akan berusaha semaksimal mungkin meraih hasil terbaik. Target kami adalah menduduki posisi 5 besar, sekaligus juga membuktikan bahwa "Indonesia Keren" bisa berprestasi, khususnya di ajang reli. Kami mohon doa restunya, agar segala sesuatunya berjalan dengan lancar" ungkap Rifat. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini