Sukses

Tontowi/Liliyana Dapat Undian Menguntungkan di Kejuaran Dunia

Tontowi/Liliyana baru bertemu pasangan Denmark Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen atau Xu Chen/Ma Jin asal China di semifinal.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mendapat hasil undian cukup menguntungkan di World Championships 2013. Ganda campuran terbaik Indonesia yang diunggulkan di tempat ketiga itu berpeluang besar melaju ke partai puncak dan meraih gelar juara.

"Lawan-lawan yang kerap menyulitkan ada di pool atas, seperti Nielsen/Pedersen," kata Richard Mainaky, Kepala Pelatih Ganda Campuran PBSI, di Pelatnas Cipayung, Jakarta, baru-baru ini.

Dalam daftar undian yang dirilis Badminton World Federation (BWF) pada Senin (22/7) lalu, dua musuh bebuyutan Tontowi/Liliyana berada di pool berbeda. Pasangan Denmark Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen dan Xu Chen/Ma Jin asal China berada di pool. Tontowi/Liliyana kemungkinan baru bertemu mereka di semifinal.

Rekor pertemuan Tontowi/Liliyana atas kedua pasangan tersebut bisa dibilang kurang bagus. Tontowi/Liliyana sudah tiga kali dikalahkan Fischer/Nielsen, termasuk di depan publik Istora Senayan pada ajang Djarum Indonesia Open Superseries Premier 2013 lalu. Rekor pertemuan diungguli Fischer/Nielsen dengan skor 3-1.
 
Sementara kontra Xu/Ma, Tontowi/Liliyana tercatat sudah enam kali menyerah di tangan pasangan rangking satu dunia tersebut. Meski kalah dengan skor pertemuan 3-6, Tontowi/Liliyana bisa meraih kemenangan pada pertemuan terakhir di Piala Sudirman 2013 lalu.
 
Pasangan Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati juga berada di pool yang sama dengan Tontowi/Liliyana. Keduanya berpeluang bertemu pada babak ketiga. Pemenang dari pertarungan ini kemungkinan besar akan ditunggu unggulan kelima, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dari Malaysia.
 
"Hasil undian di ganda campuran tidaklah seberat tunggal putra. Apalagi Tontowi/Liliyana sudah bisa tampil stabil di event-event besar," ucap kata Rexy Mainaky, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI.(BI)
 
Berikut hasil undian pemain-pemain ganda campuran Indonesia di babak kedua World Championships 2013:
 
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (INA)(3) vs Ong Jian Guo/Lim Yin Loo (MAS) atau Peter kaesbauer/Isabel Hertrich (GER)
 
Muhammad Rijal/Debby Susanto (INA)(6) vs Hirokatsu Hashimoto/Miyuki Maeda (JPN) atau Tarun Kona/Ashwini Ponnappa (IND)
 
Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati (INA)(9) vs Lee Chun Hei/Chai Hoi Wah (HKG) atau Gennadiy natarov/Yuliya Kazarinova (UKR)
 
Riky Widianto/Richi Puspita Dili (INA)(10) vs Liao Min Chun/Huan Chen Hsiao (TPE) atau Arun Vishnu/Aparna Balan (IND)
 
Catatan : Keempat pasangan ganda campuran Indonesia mendapat bye di babak pertama.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini