Sukses

Latihan, Pebulutangkis Muslim Tetap Berpuasa

Muhammad Ulinnuha tetap berupaya berpuasa setiap hari di bulan Ramadan, sementara Tommy Sugiarto dan Tontowi Ahmad hanya di akhir pekan.

Jadwal latihan yang padat bukan penghalang bagi Muhammad Ulinnuha untuk menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Pebulu tangkis spesialis ganda putra ini tetap berpuasa meski harus berlatih keras dua kali sehari di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur.

"Memang terasa haus sekali, tapi yang penting niatnya. Tidak ada kiat-kiat khusus, saya hanya banyak minum saat sahur dan mendapat suplemen dari ahli gizi PBSI. Semua sesi latihan saya ikuti seperti biasa, pelatih pun mengizinkan saya berpuasa asalkan saya bisa menjaga kondisi," kata pria yang biasa disapa Ulin ini, Rabu (24/7/2013).

"Selama puasa tahun ini, saya baru batal satu hari, saat itu saya tidak kuat melanjutkan puasa karena haus sehabis latihan. Kebiasaan ini sudah saya bawa dari kecil, saat di klub dulu saya juga puasa dan tetap latihan," pungkas pemain asal klub Djarum ini.

Berbeda dengan Ulin, Tommy Sugiarto terpaksa mengurungkan niatnya untuk berpuasa. Mencoba berpuasa di hari kedua, juara Singapore Open Superseries 2013 itu merasa lemas dan akhirnya dilarikan ke sebuah rumah sakit di bilangan Jakarta.

"Saat itu saya diinfus selama empat jam dan diminta bed rest oleh dokter. Untungnya ke rumah sakit setelah buka puasa, jadi lumayan hari itu bisa puasa. Biasanya saya membayar fidyah karena saya tidak bisa menjalankan puasa di bulan Ramadan," ujar Tommy.

Meski demikian, pada akhir pekan di Sabtu dan Minggu, Tommy tetap menjalankan ibadah puasa seperti biasa.

Senada dengan Tommy, Tontowi Ahmad pun tak dapat menjalankan ibadah puasa dengan normal. Pemain yang menjuarai All England 2012 dan 2013 bersama Liliyana Natsir ini juga menjalankan puasa hanya di akhir pekan.

"Saya sudah coba berpuasa. Namun dengan bobot latihan yang berat, apalagi jelang World Championships 2013, saya tidak bisa berpuasa. Saat ini kondisi tubuh harus benar-benar dijaga, tidak boleh kekurangan cairan. Tapi saya tetap berpuasa kalau weekend, sampai hari ini saya sudah bisa berpuasa empat hari," ujar Tontowi.

Tontowi dan Tommy memang sedang menjalani program latihan khusus jelang World Championships 2013. Bersama Liliyana, Tontowi diharapkan mampu meraih gelar juara dunia di ganda campuran. Sementara Tommy yang bulan lalu meraih gelar superseries pertamanya di Singapura, juga menjadi salah satu andalan di tunggal putra. (BI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.